Pulau Dijual Online, Bupati Anambas: Tidak Mungkin

pulau di Anambas dijual online
Pulau di Anambas ditawarkan secara online di situs privateislandsonline.com pada 5 Februari 2021.

Anambas (gokepri.com) – Bupati Kabupaten Anambas, Abdul Haris, membantah informasi penjualan tiga pulau di situs online privateislandsonline.com. Ketiga pulau yang dikabarkan dijual itu adalah Pulau Ayam, Pulau Kembung, dan Pulau Yudan.

“Jadi, isu jual beli tiga pulau di Anambas tidak benar dan tidak mungkin dilakukan,” katanya kepada media, Senin (15/2/2021).

Menurut Haris, sampai saat ini belum pernah terjadi transaksi jual beli pulau di Anambas. Sekitar 250 pulau kecil di wilayah tersebut lahannya dikelola masyarakat untuk kebun kelapa.

“Pulau-pulau di Indonesia tidak boleh dijual ke pihak asing, dilarang undang-undang,” ujarnya.

Kabar penjualan tiga pulau di Anambas mencuat setelah ditawarkan secara online di situs privateislandsonline. Situs yang aktif sejak 1999 ini merupakan web real estate internasional yang khusus menjual dan menyewakan pulau.

Pantauan gokepri.com, Jumat (5/2/2021), ketiga pulau itu masih terpampang dalam penawaran di situs tersebut. Dalam penawaran tersebut juga disertai dengan keterangan mengenai kedua pulau.

Pulau Ayam, misalnya, disebutkan terletak di Anambas dan dekat dengan pulau favorit Malaysia, Pulau Tioman. Letaknya juga dekat dengan Pulau Jemaja yang terkenal dengan kontur dan pemandangan yang indah.

Pulau seluas 295 hektare ini adalah pulau ideal yang menawarkan peluang investasi besar untuk pengembangan resor. Tempatnya mudah diakses dengan satu jam perjalanan pompong dari Pantai Padang, tak jauh dari Kampung Letung.

Sementara Pulau Kembung disebutkan cocok bagi mereka yang menyukai petualangan dan penjelajah. Bagi petualang dan penjelajah, pulau ini menawarkan kondisi alamnya yang masih asli dan menakjubkan.

Baca juga: Tolak Cantrang, Nelayan Anambas dan Natuna Temui Menteri Kelautan

Di kawasan indah ini, tersedia dua pulau tak tersentuh untuk dijual. Yakni Pulau Kembung seluas 3 hektare dan Pulau Yudan seluas 28 hektare. Kawasan ini dekat dengan kota-kota besar seperti Singapura, Kuala Lumpur dan Jakarta. Pulau-pulau tersebut terletak berdekatan satu sama lain dan bisa dijual dalam satu paket atau terpisah. (wan)

BAGIKAN