Profesor Samsul Rizal Terpilih Menjadi Rektor Universitas Batam

Rektor Uniba sekarang
Pelantikan Samsul Rizal sebagai Rektor Univesitas Batam periode 2024-2028 di Gedung Rumengan Hall, Uniba, Selasa 26 Maret 2024. Foto: Dok. Humas Uniba

Batam (gokepri) – Universitas Batam memiliki rektor baru periode 2024-2028. Adalah Prof Dr Ir Samsul Rizal M.eng, IPU, ASEAN, Eng, yang terpilih menjadi rektor.

Seremoni sertijab Samsul Rizal sebagai rektor berlangsung di gedung Rumengan Hall, Kota Batam, Selasa 26 Maret 2024. Pengawas Yayasan Griya Husada Uniba yakni Rusli Muhammad memimpin pelantikan rektor baru dan disaksikan oleh Ketua Yayasan Griya Husada Batam Rusli Bintang.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung, Wakil Rektor I Chablullah Wibisono, Wakil Rektor II Angelina Leonora Rumengan, Wakil Rektor III Mohammad Gita Indrawan dan Kepala LPPM Uniba Malahayati Rusli Bintang dan sivitas akademi Uniba.

Baca Juga:

Pelantikan rektor uniba
Foto: Humas Uniba

Samsul Rizal dalam sambutannya mengatakan akan berbenah mengembangkan pelbagai aspek kampus sesuai visi dan misi. Ia ingin membawa perubahan akreditasi unggul untuk seluruh program studi.

“Bisnis kami adalah pendidikan tinggi. Terutama bagaimana meningkatkan mutu pendidikan tinggi sehingga dipercaya oleh anak-anak kita dan orang tua yang menitipkan anaknya ntuk mendapatkan pengajaran dan pengetahuan dari para pengajar di Uniba,” papar Samsul Rizal.

Samsul Rizal sebelum menjabat Rektor Universitas Batam dipercaya dua periode memimpin Universitas Syiah Kuala di Aceh.

Ia adalah putra kelahiran Idi Rayeuk Aceh Timur pada 8 Agustus 1962. Samsul menamatkan S2-nya di Master of Mechanical, Tohoyasi University of Technology, Jepang. Ia kemudian menyelesaikan program doktor di bidang Structural Integrity Jepang.

Samsul Rizal sejak menjadi Rektor Unicersitas Syiah Kuala banyak meraih pencapaian. Salah satunya nilai akreditasi institusi yang awalnya C berhasil meraih nilai A dalam waktu terbilang cukup singkat.

Di ujung pidatonya, Samsul Rizal mengajak seluruh sivitas akademi dan karyawan Uniba untuk bersatu padu mengembangkan program studi.

“Siapapun Rektor dan sehebat apapun Rektornya tidak akan mengubah apapun jika tidak ada komitmen dan integritas bersama. Hal ini dimulai dari jabatan yang paling sederhana hingga yang paling tinggi di jajaran Uniba,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pengawas Yayasan Griya Husada Batam Rusli Muhammad. Ia menegaskan agar seluruh karyawan di lingkungan Uniba lebih memperhatikan tugas dan fungsinya untuk mengedepankan loyalitas terhadap kinerja.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung menyampaikan rasa syukur atas keberadaan Universitas Batam yang telah banyak mendidik dan mengantarkan para alumninya menjadi pejabat dan pimpinan di sejumlah institusi.

Andi Agung juga berharap kehadiran Uniba juga dapat menyasar untuk para pelajar putra-putri yang berasal dari Provinsi Kepri yang berada jauh seperti di Kabupaten Natuna, Lingga dan Anambas untuk dapat bergabung berkuliah di Universitas Batam.

Uniba memiliki sejumlah pilihan program studi yang terakreditasi seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi & Bisnis, dan Program Pascasarjana yaitu: Magister Akuntansi, Magister Ilmu Hukum dan Magister, Kenotariatan, Magister Manajemen, dan Magister Perencanaan Wilayah. Selain itu Uniba juga memiliki strata tiga yaitu program doktor manajemen sumber daya manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN