Pertama di Indonesia, STQH Kepri Dihelat Virtual

STQH Kepri 2021
Wakil Gubernur Marlin Agustina konferensi pers virtual dari Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (26/7). (Foto: Humas Pemprov Kepri)

Tanjungpinang (gokepri.com) – Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021 dilaksanakan secara berbeda. STQH yang biasanya dilakukan secara langsung, pada tahun ini dilakukan secara virtual. Ajang yang dibuka besok, Selasa (27/7) ini yang pertama di Indonesia.

“Adanya pandemi ini tidak menyurutkan semangat kita untuk melakukan STQH. Dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang kita bisa melaksanakannya secara jarak jauh,” kata Wakil Gubernur Marlin Agustina kepada awak media saat konferensi pers virtual dari Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (26/7).

STQH Provinsi Kepri Tahun 2021 akan berlangsung dari 27 Juli sampai dengan 31 Juli 2021. Ajang ini diikuti oleh enam Kabupaten/Kota kecuali Kabupaten Natuna. Total peserta yang ikut berjumlah 107 orang. Dengan cabang yang dilombakan ada empat cabang dan dua puluh golongan.

Nantinya teknis perlombaan adalah dewan hakim akan menilai dari Tanjungpinang. Sementara para peserta akan mengikuti lomba tersebut dari daerah masing-masing.

Lebih lanjut Wagub Marlin yang juga sebagai Ketua LPTQ Provinsi Kepri mengatakan meskipun STQH ini dilakukan secara virtual, namun tidak mengurangi esensi dan tujuan pokok acara. Direncanakan Pembukaan STQH secara resmi dibuka oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad dari Aula Wan Seri Beni, Selasa (27/7) besok.

“Acara pembukaan kami lakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Maksimal nanti undangan hanya 30 orang,” ucap Wagub Marlin.

Wagub Marlin berharap gawaian STQH Kepri dapat berjalan dengan lancar dan mampu menghasilkan Qori dan Qoriah yang terbaik mewakili Kepri di STQH Nasional yang digelar di Maluku Utara pada Oktober mendatang.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Humas Kepri, Hasan, mengatakan jika STQH Kepri akan diliput secara live streaming di berbagai media elektronik dan online sehingga masyarakat dapat ikut menyaksikan pagelaran STQH ini.

“Tentu dengan pelaksanaan virtual ini lebih banyak lagi masyarakat yang bisa mengikutinya, jadi ayo sama-sama kita meriahkan STQH ini dari rumah,” ucap Hasan.

Tampak hadir dalam konferensi pers tersebut Kepala Dinas Kominfo Zulhendri, Kepala Dinas Pariwisata Buralimar, Kepala Biro Kesra Aiyub, Plt. kepala Biro Umum Abdullah, dan perwakilan Kemenag Kepri.(can)

|Baca Juga: Batam Siapkan Kafilah Terbaik Ikut STQH Tingkat Kepri

BAGIKAN