Pemprov Kepri Optimistis Dibukanya Pintu Pariwisata Jadi Pendorong Ekonomi

Travel Bubble Kepri
Wisatawan dalam dan luar negeri menikmati pemandangan alam di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. (Antara/Ogen)

Tanjungpinang (gokepri.com) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri memastikan dibukanya pintu pariwisata Kepri bagi wisatawan mancanegara dapat menjadi pendorong dalam menumbuhkan ekonomi di Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad di Tanjungpinang, Rabu (13/10).

Ansar mengatakan terus berupaya untuk meyakinkan pemerintah pusat untuk memberikan izin dibukanya beberapa Pintu Pariwisata Kepri.

“Khususnya di Nongsa Batam dan Lagoi Bintan,” ujar Ansar.

Ansar mengatakan hingga saat ini yang diberikan izin pemerintah pusat untuk dibukanya pintu pariwisata Kepri bagi wisatawan mancanegara adalah Bintan Resort Lagoi.

Diizinkannya Bintan Resort Lagoi untuk pariwisata bagi wisman dikarenakan pertimbangan kawasan tersebut tidak langsung berafiliasi dengan masyarakat.

“Namun begitu, saya yakin bahwa kawasan pariwisata Nongsa Batam juga sangat berpotensi besar untuk kedatangan wisman, sehingga kami terus mengusulkan dibukanya pintu pariwisata tersebut,” tegas Ansar.

Selain pintu pariwisata melalui kawasan wisata, Pemerintah Provinsi Kepri juga telah mengusulkan beberapa pelabuhan dan bandara sebagai pintu masuk kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Kepri.

“Seperti pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Pelabuhan Laut Telaga Punggur Batam dan beberapa pintu masuk wisman lainnya ,” kata Ansar.

Tak hanya itu, Ansar juga mengusulkan agar pemerintah pusat dapat mempersingkat waktu karantina dari 5 hari menjadi 3 hari dengan tes PCR di negaranya, vaksin dua kali, baru di Swab kembali.

“Kami minta mereka hanya perlu dua kali di swab yakni datang di swab pulangnya kembali di PCR ,” ujar Ansar. (Can)

Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika Kepri

|Baca Juga: Buralimar Berharap Singapura Masuk Daftar Negara yang Boleh Masuk Indonesia

BAGIKAN