Pembangunan Data Center NeutraDC Nxera Batam Dimulai

NeutraDC Nxera Batam
Seremoni pemancangan tiang (piling) di lahan pembangunan data center NeutraDC Nxera Batam yang berlokasi di Kawasan Industri Terpadu Kabil, Kamis (13/6/2024). Foto: Istimewa

Batam (gokepri.com) – NeutraDC Nxera Batam memulai pembangunan data center dengan infrastruktur Artificial Intelligence (AI) yang berlokasi di Kawasan Industri Terpadu Kabil, Kota Batam, Kamis 13 Juni 2024.

Kehadiran bangunan NeutraDC Nxera Batam ini menambah lokasi hyperscale data center milik NeutraDC yang saat ini juga berada di Cikarang dan di negara tetangga, Singapura, dengan klasifikasi Tier III dan IV.

Dimulainya proyek pembangunan tersebut ditandai dengan seremoni pemancangan tiang (piling) di lahan pembangunan data center. Kegiatan ini dihadiri oleh direksi Telkom dan jajaran sebagai induk perusahaan, serta direksi dan jajaran dari NeutraDC Nxera Batam.

Baca Juga: Data Center Telkom di Batam Selesai Lebih Cepat

Turut hadir Direktur Group Business Development Telkom, Honesti Basyir; Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono; Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya; Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko; Direktur Nxera, Bill Chang; Director & Chief Operating Officer PT Medco Power Indonesia, Imron Gazali; CEO NeutraDC Nxera Batam, Indrama YM Purba; CFRO NeutraDC Nxera Batam, Agustinus Budi Wibowo; dan COO NeutraDC Nxera Batam, Kevin Wong Ka Vin.

Pemancangan tiang ini menjadi langkah awal bagi TelkomGroup melalui cucu perusahaannya, NeutraDC Nxera Batam, dalam membangun data center dengan infrastruktur AI yang juga berkomitmen pada pembangunan berkelanjutan dan penggunaan energi terbarukan (renewable energy).

Direktur Group Business Development Telkom, Honesti Basyir, menyatakan kegiatan ini adalah momen penting dalam upaya TelkomGroup untuk mendukung transformasi digital di Indonesia.

“Kami bangga melihat langkah maju ini. NeutraDC Nxera Batam akan menjadi penggerak dalam mengakselerasi inovasi teknologi di Indonesia, terutama dalam bidang AI,” ungkapnya.

Senada, Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono mengatakan keberadaan data center dengan infrastruktur AI ini akan membuka peluang baru bagi industri di Indonesia untuk memanfaatkan teknologi canggih.

“Kami optimistis NeutraDC Nxera Batam akan menjadi pusat data terdepan yang menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi klien kami di dalam dan luar negeri,” kata Bogi Witjaksono.

Hal yang sama juga diperkuat oleh Direktur Strategic Portfolio Telkom Group, Budi Setyawan Wijaya, yang turut mengungkapkan optimismenya terhadap langkah inovasi yang dilakukan anak perusahaan PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) ini.

“Kami percaya NeutraDC Nxera Batam akan menjadi pusat data yang tidak hanya memenuhi kebutuhan saat ini tetapi juga siap menghadapi tantangan masa depan. Investasi ini menunjukkan komitmen untuk mendorong transformasi digital yang berkelanjutan dan inovatif,” kata Budi Setiawan Wijaya.

Direktur Nxera, Bill Chang, menyampaikan dukungan kemitraannya bersama NeutraDC Batam yang dapat mendorong batasan teknologi dan memberikan solusi data center yang optimal bagi kebutuhan pasar. Terlebih lagi, dengan rencana pembangunan yang siap untuk AI.

“Kami ingin menjadi bagian dari transformasi digital ini dan berkontribusi pada ekosistem data center yang inovatif dan berkelanjutan,” ujar Bill Chang.

Director & Chief Operating Officer PT Medco Power Indonesia, Imron Gazali, turut menyampaikan rasa bangganya menjadi bagian dari akselerasi teknologi informasi bersama NeutraDC Nxera Batam.

“Kami bangga mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam akselerasi teknologi informasi yang dilaksanakan oleh NeutraDC Nxera Batam dengan mendukung pemenuhan pasokan listrik yang berasal dari energi terbarukan. Hal ini sejalan dengan program transisi energi yang dicanangkan pemerintah dan MedcoEnergi Group untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060,” ujarnya.

NeutraDC Nxera Batam Teken MoU dengan Sejumlah Pihak

Dalam momen piling dan pembangunan data center dengan infrastruktur AI ini, NeutraDC Nxera Batam melakukan sejumlah MoU yang berkaitan dengan pengembangan talenta digital dan pengelolaan sumber daya alam.

Kerja sama pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia dengan Politeknik Negeri Batam, untuk mencetak talenta digital dalam berkarya dan bekerja di industri data center.

Melalui MoU dengan Politeknik Negeri Batam, NeutraDC akan melaksanakan berbagai program untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia, seperti penyusunan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi para mahasiswa, sharing informasi lowongan pekerjaan berikut rekrutmen karyawan, dan beberapa poin kerja sama lainnya yang berkaitan dengan peningkatan sumber daya alam di industri data center.

Kemudian kerja sama dengan PT Kabil Indonusa Estate dalam penyediaan dan pemeliharaan kebutuhan air bersih untuk area pembangunan data center. Kerja sama ini berkaitan dengan penyediaan dan pemeliharaan air bersih di area data center NeutraDC yang berlokasi di kawasan Kabil Industrial Estate Terpadu.

CEO NeutraDC Nxera Batam, Indrama YM Purba, mengatakan kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Batam.

“Saya senang dalam kolaborasi ini. MoU ini menjadi langkah strategis untuk memastikan bahwa pembangunan dan operasional data center kami tidak hanya efisien dan modern, tetapi juga berkelanjutan, ramah lingkungan, dan mampu menciptakan ekosistem di dunia digital,” tutup Indrama YM Purba.

Seperti diketahui, NeutraDC Nxera Batam siap memenuhi permintaan pasar pusat data untuk era kecerdasan buatan (AI). Infrastruktur yang dirancang mendukung beban kerja AI yang berat dengan efisiensi tinggi, menjadikan NeutraDC sebagai solusi unggul dalam transformasi digital pelaku industri di Indonesia dan regional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN