Pelantikan Pengurus IKABSU Lingga Ditunda

pelantikan ikabsu lingga
Silaturahmi IKABSU Provinsi Kepri dengan ormas warga Sumatera Utara di Lingga, 25 Mei. foto: istimewa

Lingga (gokepri) – Pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU) Kabupaten Lingga yang semula dijadwalkan pada Minggu (26/5/2024) ditunda. Penundaan ini dilakukan atas dasar belum adanya musyawarah dan mufakat dari seluruh tokoh masyarakat asal Sumatera Utara di kabupaten ini.

Ketua Ikatan Keluarga Batak Kabupaten Lingga (IKBKL), Benson Situmorang, menegaskan IKABSU di Kabupaten Lingga haruslah dibentuk melalui proses musyawarah yang melibatkan seluruh pihak terkait.

Baca Juga:

“Kami tidak menerima jika IKABSU Kabupaten Lingga hanya ditunjuk oleh pengurus IKABSU Provinsi Kepri,” tegas Benson. “Organisasi ini besar dan membawa nama Sumatera Utara. Oleh karena itu, pembentukannya harus melalui musyawarah dan mufakat.”

Penolakan terhadap pelantikan ini datang dari berbagai tokoh masyarakat, termasuk Ketua Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Lingga, Batak Marsada Kabupaten Lingga, Wakil Ketua Parna Kabupaten Lingga, dan Pemuda Batak Kabupaten Lingga.

Menyikapi penolakan tersebut, tokoh-tokoh asal Sumatera Utara di Kabupaten Lingga dan pihak IKABSU Provinsi Kepri, mengadakan pertemuan di Polres Lingga. Hasil pertemuan tersebut menyepakati beberapa hal, antara lain pelantikan IKABSU Kabupaten Lingga ditunda, kedatangan IKABSU Provinsi Kepri ke Lingga hanya untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat Lingga yang berasal dari Sumatra Utara.

Terakhir, pembentukan pengurus IKABSU Kabupaten Lingga akan dilakukan pada waktu yang akan datang melalui musyawarah dan mufakat.

Benson Situmorang mengharapkan IKABSU sebagai organisasi sosial dapat membawa perubahan positif bagi Kabupaten Lingga.

“Kami yang berasal dari Sumatera Utara sudah lama tinggal di sini, bahkan memiliki anak dan cucu,” ujarnya. “Daerah ini adalah tanah Melayu yang kami cintai bersama. Kami tidak ingin kehadiran IKABSU justru menimbulkan kegaduhan.”

Kapolres Lingga AKBP Robby Topan Manusiwa melaluiKabagops Polres Lingga Kompol Efendri Alie mengungkapkan sesuai dengan hasil musyawarah yang dipimpin Kasat Intel Polres Lingga, kegiatan silaturahmi diberikan izin tapi tidak ada acara pelantikan. “Hanya silaturahmi antara pengurus IKABSU provinsi (Kepri), IKABSU kabupaten (Lingga) yang terpilih dengan perwakilan-perwakilan warga Sumatera Utara yang ada di Daik, Dabosingkep,” ujar dia.

Penulis: Jamariken Tambunan

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News

 

BAGIKAN