Pelantikan Ikabsu Lingga Tuai Penolakan, Tokoh Masyarakat Minta Ditunda

pelantikan Ikabsu lingga
Ilustrasi. Ketua Umum Ikabsu Edy Rahmayadi di Batam, 2023. Foto: istimewa

Lingga (gokepri) – Sejumlah tokoh masyarakat perantau asal Sumatera Utara di Kabupaten Lingga meminta penundaan pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU) Lingga. Pasalnya, proses pembentukan dan pemilihan ketua Ikabsu Lingga dinilai tidak sesuai dengan prosedur organisasi.

“Kami tidak mempermasalahkan siapapun yang menjadi ketua, tapi kami mempertanyakan prosedur dasar pelantikan yang akan dilaksanakan, karena tidak pernah ada musyawarah untuk pembentukan IKABSU di Kabupaten Lingga,” ujar Hutagalung, salah satu perantau asal Sumatera Utara di Dabo Singkep, Lingga, Sabtu (25/5/2024).

Baca Juga:

Hutagalung menjelaskan, IKABSU bukan hanya organisasi bagi orang Batak, melainkan juga bagi seluruh perantau asal Sumatera Utara. Menurutnya, struktur organisasi IKABSU Lingga juga mencakup suku Jawa dan Tionghoa dari Medan. Oleh karena itu, mereka mempertanyakan proses pembentukan dan pemilihan ketua Ikabsu Lingga yang dinilai tidak melibatkan semua pihak.

“Bahkan mereka bertanya kapan ini dibentuk dan kapan dipilih ketuanya. Ini organisasi besar yang seharusnya ada musyawarah terlebih dahulu baru ada pemilihan. Setelah pemilihan ada pembentukan panitia pelantikan. Ini semua harus dilalui,” tegas Hutagalung.

Ia menambahkan Ikabsu Lingga harus dipimpin oleh sosok yang disepakati bersama melalui musyawarah para tokoh masyarakat asal Sumatera Utara di Lingga. “Berbicara IKABSU berarti membawa seluruh masyarakat yang berasal dari Sumatera Utara. Ini bukan main-main, perlu ada musyawarah dulu terhadap tokoh-tokoh yang berasal dari Sumatera Utara untuk memimpin organisasi ini,” kata dia.

Oleh karena itu, Hutagalung dan sejumlah tokoh masyarakat perantau asal Sumatera Utara lainnya di Lingga meminta penundaan pelantikan Ikabsu Lingga hingga prosedur organisasi terpenuhi dengan benar. “Kami sebagian warga Kabupaten Lingga asal Sumatera Utara menolak keras pelantikan IKABSU di Kabupaten Lingga karena tidak ada musyawarah sebelum ada rencana pelantikan. Ini dianggap tidak melalui prosedur yang benar,” ujarnya.

Diberitakan, Ikabsu Lingga bersiap menggelar pelantikan pengurus baru untuk periode 2023-2028 pada Sabtu, 25 Mei 2024, di Gedung Nasional Dabo Singkep.

Ketua IKABSU Lingga, Lincol Pioneer Pasaribu, mengungkapkan bahwa persiapan jelang pelantikan sudah hampir rampung, termasuk penyusunan program kerja yang akan dijalankan selama lima tahun mendatang. Meski belum dijelaskan secara detail, program tersebut terutama akan fokus pada pemenuhan kebutuhan warga Sumatera Utara yang berada di Lingga.

“Kami sudah merencanakan beberapa program khusus setelah pelantikan, termasuk konsolidasi internal pengurus dan inisiatif untuk mendukung kebutuhan warga Sumut di Lingga serta masyarakat Lingga secara umum,” kata Lincol pada Kamis, 23 Mei 2024, dikutip dari Batamnews.

Penulis: Jamariken Tambunan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN