Pabrik Motor Listrik di Karawang Serap 3.000 Tenaga Kerja

pabrik motor listrik yadea
Peletakan batu pertama pabrik sepeda motor listrik Yadea di Karawang, 13 Mei. Foto: Okezone

Karawang (gokepri) – PT Yadea Teknologi Indonesia mendirikan pabrik sepeda motor listrik di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat. Pabrik ini diproyeksikan menyerap 3.000 tenaga kerja dan memproduksi 3 juta unit sepeda motor listrik per tahun.

“Di bagian produksi ini bisa menyerap sekitar 3 ribu pekerja,” kata General Manager Perusahaan Manufaktur Yadea Indonesia, Wang Jinlong, saat peletakan batu pertama pembangunan pabrik, Senin (13/5/2024).

Baca Juga:

Jumlah tersebut belum termasuk tenaga kerja di bidang pemasaran. “Untuk tenaga pemasaran, itu nanti di luar serapan 3 ribu tenaga kerja,” kata dia.

Pabrik yang didirikan di atas lahan seluas 27 hektare ini memiliki kapasitas produksi tahunan sebesar 3 juta unit.

“Langkah strategis tersebut secara efektif juga untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat terhadap kendaraan roda dua listrik berkualitas tinggi di pasar Indonesia,” kata Wang Jinlong.

Pendirian pabrik ini diharapkan menciptakan lapangan kerja, mendorong pengembangan industri terkait, dan mendukung Indonesia dalam mencapai tujuan transportasi yang berkelanjutan.

Total investasi dalam pembangunan pabrik ini mencapai 150 juta dolar AS dan dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2026.

Bupati Karawang Aep Syaepuloh menyambut baik pembangunan pabrik ini dan berharap dapat membantu mengurangi pengangguran di Karawang.

“Kami berharap dalam serapan tenaga kerja, dalam proses rekrutmennya dilakukan satu pintu melalui Disnakertrans Karawang,” katanya.

Bupati juga mendorong kerjasama antara perusahaan dengan SMK di Karawang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Kami sudah menyampaikan, agar pihak perusahaan bisa bekerjasama dengan SMK yang ada di Karawang. Alhamdulillah pihak manajemen perusahaan sudah siap melakukan itu,” kata Bupati. ANTARA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN