Mulai April 2024, Beli Pertalite di Batam Wajib Punya Fuel Card

Pertamina Blok East Natuna
Logo Pertamina. Foto: Bloomberg

Batam (gokepri) – Pemerintah Kota Batam akan menerapkan Fuel Card sebagai alat pengendali dalam pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau mengatakan sekitar 50 persen dari total 178 ribu kendaraan roda empat yang terdata di Kota Batam akan menggunakan Fuel Card untuk pembelian Pertalite pada April 2024.

Ia menyampaikan penerapan Fuel Card ini bertujuan untuk membatasi pembelian BBM bersubsidi, meningkatkan efisiensi dan distribusi tepat sasaran.

Baca Juga: 

“Program serupa sebelumnya, yakni Fuel Card 3.0 untuk BBM jenis Solar, terbukti efektif dalam penggunaan solar yang tidak boros, sehingga sisa kuotanya bisa berlebih. Program yang kita jalankan bersama Pertamina dan Bank Bukopin ini juga sukses meraih penghargaan dari Kemendagri pada 2023 lalu,” papar Gustian.

Ia menyebutkan pihaknya sudah menerima presentasi dari 15 bank mitra potensial dalam penerapan program tersebut. Kata Gustian, prosedur penerapan akan dibahas pada Maret mendatang setelah penetapan bank pelaksana.

“Rencananya, program Fuel Card khusus untuk pembelian Pertalite pada kendaraan roda empat ini akan kita terapkan pada bulan April 2024,” kata dia.

Pada tahun 2023, jumlah kartu Fuel Card untuk pembelian BBM jenis Solar di Kota Batam sudah dimiliki sebanyak 8.000 pengendara.

Pada tahun ini, Disperindag menargetkan penerbitan kartu Fuel Card sebanyak 14 ribu. “Ke depannya, sistem dan fitur Fuel Card ini akan kita perbarui sehingga semakin memudahkan masyarakat,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ANTARA

BAGIKAN