Modernisasi Container Crane Jadi Kunci Percepat Bongkar Muat Pelabuhan Batuampar

pelabuhan batu ampar
Aktivitas bongkar muat di pelabuhan Batuampar saat ini. (FOTO//gokepri.com/ard)

Batam (gokepri.com) – Modernisasi container crane menjadi salah satu kunci untuk mempercepat aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Batuampar. Hal ini menjadi bagian Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam melakukan revitalisasi pelabuhan Batuampar.

Direktur Badan Usaha Pelabuhan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Nelson Idris mengatakan kecepatan craine yang saat ini hanya 8 TEUs setiap jamnya. Karena itu perlu modernisasi container crane untuk meningkatka kapasitas yang ada.

“Agustus nanti ada datang dari Pelindo, dengan kecepatan 20 TEUs setiap jamnya,” kata Nelson di Pelabuhan Batuampar, Senin (24/5/2021).

| Baca Juga : Revitalisasi Pelabuhan Batuampar Dimulai

Dengan demikian pihaknya tahun 2024 ditargetkan kapasita pelabuhan Batuampar dapat meningkat dari 450 ribu TEUs menjadi 2 juta TEUs setiap tahunnya.

“Saat ini BP Batam sebenarnya juga sudah memesan alat craine yang baru untuk pelabuhan Batuampar. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 tahun, karena barangnya harus dipesan dulu,” katanya.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengatakan revitalisasi pelabuhan Batuampar terus digesa. Tahap awal saat ini yang dilakukan adalah pembongkaran gudang milik Persero yang ada di dalam pelabuhan.

Lokasi gudang ini nantinya akan menjadi tempat penumpukan peti kemas. Karena itu aktivitas di dalam pelabuhan nantinya hanya untuk bongkar muat barang.

“Sesuai janji kita Minggu lalu, hari ini harus selesai. Bangunan yang ada harus dibersihkan,” kata Rudi.

Revitalisasi pelabuhan Batuampar saat ini memang menjadi prioritas utama BP Batam. Sehingga dapat menjadi daya tarik bagi investor yang akan menanamkan modalnya di Batam.

(ard)

| Baca Juga : Catat, Dua Bulan Lagi KM Kelud Pindah Pelabuhan

BAGIKAN