Makan di Warung Diperbolehkan, Tapi Hanya 30 Menit

Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur meninjau penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hari kedua di beberapa titik di Kota Batam, Selasa (13/7/2021).
Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur meninjau penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hari kedua di beberapa titik di Kota Batam, Selasa (13/7/2021).

Batam (gokepri.com) – Kota Batam memperpanjang masa PPKM Level 4 hingga 2 Agustus mendatang dengan memberikan beberapa pelonggaran. Di antaranya diizinkannya warung makan atau warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya untuk buka sampai pukul 22.00 WIB.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Batam Nomor 38 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4. Pembukaan warung makan tersebut dengan protokol kesehatan ketat, memakai masker, mencuci tangan, dan handsanitizer.

“Makan di tempat diperkenankan selama 30 menit,” bunyi edaran tersebut.

Sementara itu rumah makan dan kafe dengan skala kecil yang berada pada lokasi sendiri, dapat melayani makan di tempat/dine in dengan kapasitas 25 persen. Dan menerima makan dibawa pulang/delivery/take away dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Sedangkan restoran atau rumah makan, kafe dengan skala sedang dan besar, baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan atau mal, hanya menerima delivery atau take away. Tidak menerima makan di tempat (dine in).

Baca juga: PPKM Diperpanjang 2 Agustus, Pedagang Kaki Lima Diizinkan Buka

Surat edaran juga memperpanjang penutupan sementara mal, pusat perbelanjaan, dan pusat perdagangan. Sementara kecuali akses untuk restoran, supermarket dan pasar swalayan dapat diperbolehkan.

“Pelaku usaha, restoran, pusat perbelanjaan yang tidak melaksanakan ketentuan tersebut, dikenakan sanksi administratif sampai dengan penutupan usaha,” bunyi edaran tersebut. (wan)

BAGIKAN