Lulusan PPG Prajabatan Dijamin Lolos PPPK

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek RI Prof. Dr. Nunuk Suryani melakukan kunjungan ke Kampus UMRAH Tanjungpinang, Foto: Gokepri.com/Engesti

Tanjungpinang (gokepri.com) – Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek RI Prof. Dr. Nunuk Suryani mengatakan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan dijamin bisa lolos seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Jadi kami prioritaskan lulusan PPG Prajabatan tahun 2023 untuk dapat ikut tes selesai PPPK dan dipastikan lolos untuk memenuhi jumlah guru di Kepulauan Riau,” kata dia, di Kampus UMRAH, Tanjungpinang, Rabu 15 Mei 2024.

Menurut dia, jumlah guru pensiun di Kepulauan Riau cukup besar. Nantinya, para lulusan PPG Prajabatan diproyeksikan untuk mengisi kekosongan guru dan menggantikan guru-guru yang pensiun di berbagai daerah.

Baca Juga: 22 Mahasiswa Baru PPG Prajabatan Ikuti Orientasi Akademik UMRAH

“Jadi saingan yang ketat itu pada saat seleksi masuk PPG Prajabatan. Jadi jangan disia-siakan kesempatan ini,” ujar dia.

Ia meminta mahasiswa PPG Prajabatan tahun 2023 agar mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UMKPPG) yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024.

“UMKPPG itu bulan Juni 2024. Pembukaan seleksi PPPK bertepatan dengan selesainya ujian UKMPPG. Jadi kita usahakan tidak lewat. Kami usahakan segera mungkin untuk mendapatkan Serdik (sertifikat pendidik). Bahkan tahun lalu tidak ada serdik bisa daftar (PPPK),” kata dia.

Nunuk mengatakan, pihaknya berkomitmen mengawal agar lulusan PPG Prajabatan dapat menjadi guru. Bakal ada sanksi tegas bagi lulusan PPG Prajabatan yang tidak ingin menjadi guru.

“Kalau mau jadi guru harus PPPK dulu baru jadi ASN. Tapi nanti ada tesnya. Ada uji kompetensinya untuk menjadi PNS,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN