Lukman Hakim Ukir Sejarah, Atlet Tarung Drajat Kepri yang Pertama Raih Medali

Lukman Hakim Kepri
Lukman Hakim mengukir sejarah bagi Kepulauan Riau. Atlet yang berusia 19 tahun itu menjadi atlet tarung derajat pertama yang menyumbangkan medali PON. (Foto: Kominfo Kepri)

Tanjungpinang (gokepri.com) – Lukman Hakim mengukir sejarah bagi Kepri. Atlet yang berusia 19 tahun itu menjadi atlet tarung derajat pertama yang menyumbangkan medali PON.

Ia persembahkan medali itu, untuk almarhum ayahnya. “Untuk Almarhum bapak saya, Kamaruzaman yang meninggal dunia dua minggu sebelum saya berangkat ke PON,” ujar Lukman melalui pesan singkat dari tanah Papua, Selasa (12/10).

Siswa SMAN 4 Tanjungpinang ini bangga, ia berhasil mengukir sejarah. Pemuda asli Anambas ini menjadi orang pertama, yang menyumbangkan medali untuk Kepri. Ia meraih medali perak dari cabang tarung derajat 55,1 kg sampai 58 kg putra.

Ia ditargetkan meraih medali dan berhasil meraih medali perak. “Target kemarin bawa pulang medali saja, Alhamdulilah perak saya raih,” jelas putra dari Ibu Aida ini.

Tak mudah bagi Lukman untuk meraih medali. Pasalnya ia sempat mengalami cedera engkel kaki.

Cedera itu ia alami pada laga semifinal. Membuatnya tak leluasa dan kurang maksimal pada laga final.

“Kendalanya cedera engkel kaki, saat semifinal. Dan final saya tidak bisa mengeluarkan kemampuan saya,” ungkap Lukman.

Lukman adalah atlet remaja binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Kepri, di bawah binaan Dinas Pemuda dan Olahraga. Beberapa atlet binaan PPLP ikut berlaga mewakili Kepri pada ajang PON XX di Papua.

“Tentunya kami bangga, adik-adik binaan PPLP dapat meraih medali di PON XX ini. Selain tarung derajat, kemarin juga ada dari layar dapat perak. Yang medali emas dari layar juga dulunya binaan kita, tapi sekarang sudah lulus,” ujar Deka Harmadya Sandi, Kepala Bidang Olahraga pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kepri.

Atlet binaan PPLP lainnya juga berhasil meraih dua medali perak dari cabang layar. “Barusan dapat info, tim layar Kepri meraih dua medali perak. Atas nama Dilla dan Rizqa. Dilla itu binaan PPLP,” tambah Deka. (Can)

Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika Kepri

|Baca Juga: Kepri Raih Emas Lagi dari Layar

BAGIKAN