Lingga Gelar Intervensi Serentak Perangi Stunting

Foto: Pemkab Lingga

Lingga (gokepri) – Memerangi stunting, Kabupaten Lingga akan menggelar intervensi serentak pada 5 Juni 2024. Program ini digagas oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Lingga dengan koordinasi Wakil Ketua 3 TPPS sekaligus Ketua TP PKK, Maratusholiha.

TPPS dengan Dinas Kesehatan PPKB sebagai pemimpin utama, akan bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menyukseskan program ini. Intervensi ini menargetkan balita, ibu hamil, dan calon pengantin di seluruh Kabupaten Lingga.

Baca Juga:

“Kami telah berkoordinasi dengan semua pihak dan mengimbau kepada seluruh camat, lurah, dan kepala desa untuk mensosialisasikan program ini kepada warga sasaran,” ujar Maratusholiha, Selasa (4/6/2024).

Sebanyak 113 dari 190 posyandu di Kabupaten Lingga akan melaksanakan intervensi secara langsung. Sementara 14 posyandu lainnya akan berpartisipasi secara virtual melalui zoom meeting pada tanggal 5 Juni.

Pusat kegiatan Zoom Meeting akan diadakan di Posyandu Merak Singkep Barat, dengan Ketua TP PKK Lingga sebagai koordinator utama. Tim TPPS lainnya akan disebar ke berbagai kecamatan untuk mendukung kelancaran program.

Berdasarkan data April 2024, intervensi ini menargetkan 5.422 balita, 514 ibu hamil, dan 71 pasangan calon pengantin. Dinas Kesehatan dan puskesmas, bersama OPD terkait, diharapkan dapat meningkatkan kualitas intervensi spesifik dalam pencegahan stunting dan segera menangani masalah gizi yang ditemukan saat pengukuran dan penimbangan.

Mengacu pada 10 langkah pasti sebagai pedoman penatalaksanaan, Pemkab Lingga optimistis angka stunting di wilayahnya akan menurun secara signifikan.

“Kami berharap dengan adanya intervensi serentak ini, kualitas kesehatan masyarakat, terutama dalam mencegah stunting, dapat meningkat dan memberikan dampak positif yang signifikan,” tambah Maratusholiha.

Masyarakat diimbau untuk berpartisipasi aktif dengan mendatangi posyandu terdekat sesuai jadwal yang telah ditentukan. Upaya bersama ini diharapkan dapat mewujudkan Kabupaten Lingga yang bebas stunting.

Penulis: Jamariken Tambunan

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News