Lanal Dabo Tabur Bunga di Pulau Serak Peringati Hari Dharma Samudera

Lanal Dabo
Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep melaksanakan prosesi tabur bunga di laut Pulau Serak, Kabupaten Lingga untuk memperingati Hari Dharma Samudera, Sabtu 15 Januari 2022. (foto: istimewa)

Lingga (gokepri.com) – Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep melaksanakan prosesi tabur bunga di laut Pulau Serak, Kabupaten Lingga untuk memperingati Hari Dharma Samudera, Sabtu 15 Januari 2022.

Peringatan Hari Dharma Samudera ini diperingati secara bersamaan oleh TNI Angkatan Laut setiap tanggal 15 Januari.

Tabur bunga yang dilaksanakan Lanal Dabo Singkep tersebut menggunakan dua kapal patroli.

Laut Serak di Kabupaten Lingga ini pada tahun 1964 sempat dijadikan Pangkalan Aju yang digunakan Indonesia dalam menghadapi Malaysia.

Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Didik Hermawan M.tr Opsla mengatakan, tabur bunga di tengah laut ini merupakan bagian dari memperingati peristiwa heroik, Pertempuran Laut Aru antara tentara indonesia dengan belanda untuk membebaskan Irian Barat pada tangal 15 januari 1962 di Perairan Maluku.

“Ini merupakan bentuk kita mengingat hari pertempuran di laut Arafura antara Indonesia melawan Belanda,” kata Letkol Didik.

Selain itu, Hari Dharma Samudera ini juga bagian dari memperingati peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut yang ditunjukkan untuk para pelaut di bawah kepemimpinan, Yos Sudarso. Hal tersebut merupakan peristiwa penting dalam sejarah RI.

“Yang ditujukan untuk para pelaut di bawah pimpinan Komodor Yos Sudarso yang merupakan peristiwa penting dalam sejarah Republik Indonesia,” ujarnya.

Penulis: Tambunan

BAGIKAN