Kunjungan Wisman ke Kepri Melebihi Target, Capai 1,2 Juta

wisata green energi penyengat
Plt Kadispar Kepri Luki Zaiman Prawira. Foto: Gokepri/Engesti

Tanjungpinang (gokepri) – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang Januari hingga Oktober 2023 mencapai 1,2 juta atau sudah mencapai target yang ditentukan.

Hal itu diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kadispar Provinsi Kepri Luki Zaiman Prawira, Senin 4  Desember 2023.

Ia mengatakan, kunjungan wisman menjelang pergantian tahun 2023 bakal melebihi target. Ia memprediksi bisa mencapai 1,3 juta – 1,4 juta kunjungan.

Baca Juga: Wisata Green Energi Penyengat Dongkrak Kunjungan Wisman

“Kita di Kepri diberi target dari pusat untuk target wisman 2023 itu sebanyak 1,2 juta kunjungan. Alhamdulillah target itu sudah tercapai,” kata Luki.

Ia mengatakan biasanya di bulan Desember wisman bisa naik lagi, mencapai sekitar 120 lebih.

Menurut Luki, saat ini wisman sudah mulai percaya untuk datang ke Kepri pasca dilanda Covid-19 dengan ekonomi yang mulai tumbuh dan berimbas pada kunjungan wisman ke Kepri.

“Peningkatan kunjungan ini memberi multi efek, seperti transportasi dan hunian hotel sehingga kegiatan ekonomi lebih tinggi,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Luki kunjungan wisatawan lokal juga tinggi bahkan jumlahnya melebihi wisman.

Kebanyakan event yang diadakan kabupaten kota juga disesuaikan dengan jadwal libur masyarakat di negara tetangga, sehingga dapat menjadi daya tarik wisman ke Kepri.

“Kunjungan wisman di Kepri juga dipengaruhi dengan durasi libur masyarakat di Singapura dan Malaysia serta event bertaraf internasional yang ada di Kepri,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN