KPU Tetapkan Rudi-Amsakar Pemenang Pilkada Batam

Pelantikan rudi-amsakar
KPU Batam menyerahkan surat penetapan wali kota dan wakil wali kota Batam terpilih kepada Muhamamad Rudi dan Amsakar Achmad di Hotel Harris Batam Centre, Jumat (19/2/2021). (Foto: Gokepri/Ard)

Batam (gokepri.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam resmi menetapkan Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam terpilih.

Rudi dan Amsakar merupakan calon nomor urut 02 Pilkada Batam Desember 2020 lalu. Keduanya merupakan calon petahana, yang saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam.

“Ketentuan ini berlaku sejak hari ini tanggal 19 Februari 2021,” kata Ketua KPU Batam Herigen saat rapat pleno terbuka di Hotel Harris Batam Center, Jumat (19/2/2021).

Sementara itu, Wali Kota Batam terpilih Muhammad Rudi mengatakan bersyukur atas penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam. Hal ini merupakan rangkaian kegiatan proses demokrasi Pilkada Kota Batam.

Dengan penetapan ini kata Rudi Pilkada Batam telah selesai. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali bersatu bersama-sama membangun Kota Batam.

“Dengan bersatu itulah kita bisa membangun Kota Batam,” kata Rudi.

Rudi mengaku tidak punya persiapan khusus menjelang pelantikan. Terpenting kata ia adalah Batam tetap aman dan kondusif pasca pelaksanaan Pilkada tahun lalu.

“Persiapan khusus tidak ada, baju juga sudah ada pakai yang lama,” ujarnya.

Penetapan Rudi-Amsakar sebagai kepala daerah terpilih berdasarkan surat Keputusan KPU Batam No.5/PL.02.7-Kpt/KPU-Kot/2171/II/2021.

Keputusan penetapan dalam berita acara mengacu Keputusan KPU Batam no.517/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil pengitungan suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam 2020 tanggal 17 Desember 2020.

Lalu Putusan Mahkamah Konstitusi No.127/PHP.KOT-XIX/2021 dalam perkara perselisihan hasil pemilihan wali kota dan wakil wali kota Batam tanggal 17 Februari 2021.

(ard)

|Baca Juga: Pilkada Batam: Rudi-Amsakar Sekali Lagi

BAGIKAN