Klasemen Liga Inggris: Akhirnya Menang di Anfield, Manchester City Kokoh di Puncak

Klasemen Liga Inggris
Laga Liverpool vs Manchester City di Anfield, Senin (8/2/2021). Foto: Reuters

Batam (Gokepri.com) – Manchester City makin meninggalkan rival-rivalnya dalam perburuan gelar juara Liga Inggris musim ini. Unggul lima poin di puncak klasemen setelah mempermalukan Liverpool di Anfield tadi malam. 

Kemenangan 4-1 dari Liverpool di Anfield menjadi torehan baru bagi City. Pasukan Pep Guardiola punya catatan buruk tak pernah menang sejak 2003 di kandang The Kops.

City menghapus catatan itu dengan mempecundangi Liverpool 4-1 dibantu dua blunder yang dilakukan kiper tuan rumah Alisson Becker dalam rangkaian laga pekan ke-23 Liga Inggris, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Bagi Liverpool, kekalahan ini menambah rentetan negatif. Mereka sudah tiga kali kalah di kandang dalam lima laga terakhir. Padahal dalam 66 laga sebelumnya benteng Anfield begitu kokoh tak pernah sekalipun kalah. 

Sedangkan laga tadi malam itu menjadi respons paling sempurna bagi tim besutan Pep Guardiola, di tengah kegagalan tim-tim empat besar, termasuk Liverpool yang mereka hantam, meraih poin penuh pekan ini.

Rival sekota City Manchester United misalnya, tim besutan Ole Gunnar Solskjaer itu jadi korban gol dramatis Dominic Calvert-Lewin saat ditahan imbang Everton 3-3 di Old Trafford pada Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Hasil imbang juga dialami oleh Leicester City yang cuma main dengan skor kacamata saat bertandang ke markas Wolverhampton pada Minggu.

Hasil-hasil itu membuat City yang sudah mengumpulkan 50 poin semakin mantap di puncak klasemen, unggul lima poin atas MU (45), enam poin atas Leicester (43) dan 10 poin dari Liverpool (40).

Dalam pertandingan lain di Bramall Lane, Minggu waktu setempat (Senin WIB), Chelsea melanjutkan bulan madu mereka bersama Thomas Tuchel lewat kemenangan tipis 2-1 atas tuan rumah Sheffield United yang sekali lagi dikunci berkat eksekusi penalti Jorginho.

Dengan kemenangan itu, Chelsea mampu memanfaatkan hasil imbang nirgol yang dialami West Ham United di markas Fulham sehari sebelumnya.

Chelsea naik ke posisi kelima menggusur West Ham berbekal keunggulan selisih gol kendati kedua tim sama-sama mengoleksi 39 poin.

Dalam pertandingan lain pada Minggu malam tadi, Tottenham Hotspur menyudahi tren tiga kekalahan beruntun dengan membungkam West Bromwich Albion 2-0 saat Harry Kane kembali dari cedera dan turut menyumbangkan satu gol bersama Son Heung-min.

Rangkaian pekan ke-23 masih menyisakan satu pertandingan untuk dimainkan saat Leeds United menjamu Crystal Palace di Elland Road pada Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan ke-23 (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Sabtu (6/2) malam s.d. Minggu (7/2) dini hari

Aston Villa 1 – Arsenal 0 (Ollie Watkins 2′)

Burnley 1 – Brighton & Hove Albion 1 (Johann Berg Gudmundsson 53′; Lewis Dunk 36′)

Newcastle United 3 – Southampton 2 (Joe Willock 16′, Miguel Almiron 26′, 45+4′; Takumi Minamino 30′, James Ward-Prowse 48′)

Fulham 0 – West Ham United 0

Manchester United 3 – Everton 3 (Edinson Cavani 24′, Bruno Fernandes 45′, Scott McTominay 70′; Abdoulaye Doucoure 49′, James Rodriguez 52′, Dominic Calvert-Lewin 90+5′) 

Minggu (7/2) malam s.d. Senin (8/2) dini hari

Tottenham Hotspur 2 – West Bromwich Albion 0 (Harry Kane 54′, Son Heung-min 58′)

Wolverhampton 0 – Leicester City 0

Liverpool 1 – Manchester City 4 (Mohamed Salah p-63′; Ilkay Gundogan 49′, 73′, Raheem Sterling 76′, Phil Foden 83′)

Sheffield United 1 – Chelsea 2 (Antonio Ruediger bd-54′; Mason Mount 43′, Jorginho p-58′)

Selasa (9/2) dini hari

00.30 Leeds United vs Crystal Palace

(Can)

Baca Juga: Aturan Baru, Tim Liga Inggris Bisa Lima Kali Ganti Pemain

BAGIKAN