Aturan Baru, Tim Liga Inggris Bisa Lima Kali Ganti Pemain

pergantian pemain liga inggris
Foto: FA

Batam (Gokepri.com) – Klub Liga Inggris mulai 6 Februari 2021 bisa ganti pemain sebanyak empat sampai lima pemain. Diperbolehkan selama pemain di lapangan mengalami cedera benturan keras di kepala.

Aturan baru ini resmi berlaku pada laga Aston Villa vs Arsenal yang berlangsung pukul 19.30 WIB. Liga Inggris mengantisipasi kondisi pemain yang mengalami benturan keras di kepala ketika jatah pergantian pemain sebanyak tiga orang sudah habis.

Dengan aturan baru ini, tim bisa mengganti pemain yang mengalami cedera di kepala tanpa harus menggunakan pergantian reguler. Jika tim memakai pergantian pemain dengan aturan baru ini, tim lawan otomatis juga punya jatah lagi untuk pergantian pemain dengan jumlah yang sama.

Aturan baru juga akan diterapkan bulan depan dalam laga Piala FA, Super League Sepak Bola Wanita dan laga lain sepak bola wanita di Inggris.

“Dengan prioritas keamanan pemain, protokol pergantian ini akan memungkinkan maksimal dua pengganti karena benturan keras di kepala untuk digunakan per tim, dengan pihak lawan dapat menggunakan jumlah yang sama,” tulis FA dalam pernyataan resmi via Twitter.

Sebelumnya, pelatih Wolverhampton Wanderers Nuno Espirito Santo menyerukan agar aturan itu diberlakukan setelah Raul Jimenez mengalami gegar otak setelah benturan kepala dengan pemain Arsenal David Luiz dalam pertandingan Liga Inggris awal musim ini. Jimenez mendapat perawatan selama 10 menit sebelum dibawa ke rumah sakit.

(can)

|Baca Juga: Manchester United Tumbang dari Tim Juru Kunci Liga Inggris

BAGIKAN