Kereta Kecelakaan di Bandung, 478 Penumpang Selamat dan 3 Tewas

Kereta kecelakaan di Bandung
Kecelakaan terjadi antara Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Lokal Bandung di jalur petak Stasiun Cicalengka Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat, (5/1/2024). ANTARA/Rubby Jovan

Bandung (gokepri) – PT Kereta Api Indonesia memastikan sebanyak 478 penumpang selamat atas kejadian kecelakaan Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Lokal Bandung di KM 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Jadi ada sekitar 287 penumpang di KA Turangga dan ada sekitar 191 penumpang di dalam KA Lokal yang dapat kami sampaikan sejauh ini dalam keadaan selamat,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus di Kabupaten Bandung, Jumat 5 Januari 2024.

Sementara itu, Joni melaporkan sejauh ini terdapat satu petugas KA yaitu pramugara yang dinyatakan meninggal pada kejadian tersebut. “Dapat kami sampaikan bahwa untuk sementara ini korban jiwa itu ada satu orang, sementara ini dapat kami sampaikan yaitu petugas kereta api, seorang pramugara saat ini sudah kita evakuasi ke rumah sakit,” katanya.

Baca Juga: Kecelakaan Kereta Api di Lumajang, 11 Orang Tewas

Joni mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan proses evakuasi gerbong kereta yang diduga masih terdapat korban di dalam. “Ya, saat ini memang proses evakuasi sedang kita lakukan dengan bekerja sama dengan pihak untuk mencari, menginvestigasi dan melakukan pemeriksaan terkait dengan penyebab kecelakaan tersebut,” kata dia.

Saat ini, jalur rel antara Haurpugur–Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat tabrakan antara KA Turangga dan Commuterline Bandung Raya itu.

Selain itu, kata Joni pihaknya bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) segera menginvestigasi penyebab kecelakaan kereta api (KA) di Cicalengka. “KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan,” katanya.

3 Tewas Data Kepolisian

Sementara Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo melaporkan 3 orang yang meninggal dunia masinis, asisten masinis dan seorang pramugara kereta.

“Sebanyak 28 orang juga luka-luka dan dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cicalengka, Jawa Barat,” ujar Ibrahim, Jumat (5/1/2024), dikutip dari Bloombergtechnoz.com.

Di lain sisi, Ibrahim juga mengatakan bahwa kapasitas dari KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung adalah 287 penumpang dan kapasitas Commuterline Bandung Raya adalah 191 penumpang.

Data Korban Meninggal Dunia:

1. Masinis KA KRD Lokal Padalarang Cicalengka a.n Julian Dwi setiono
2. Asisten Masinis KA KRD Lokal Padalarang – Cicalengka a.n Ponisan
3. Pramugara KA Turangga a.n Andrian berumur 22 tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara, Bloomberg Technoz

BAGIKAN