Kepri Masuk 4 Daerah Rentan Penyebaran Covid-19

Jakarta (gokepri.com) – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masuk dalam empat daerah di Indonesia yang dinilai paling rentan terpapar virus korona (covid-19). Posisi Kepri berada di bawah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Tiga provinsi ini menanggung risiko dari mobilitas penduduk yang tinggi, karakteristik wilayah dengan penduduk padat, dan kualitas udara yang buruk.

“Lalu lintas penduduk yang tinggi membuat tiga provinsi tersebut menjadi rentan terhadap penyebaran Covid-19,” kata Direktur Riset Katadata,Mulya Amri di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Menurut Mulya, Jakarta, Banten, dan Jawa Barat mendapat skor kerentanan yang saling berdekatan karena terkait dalam kawasan megapolitan Jabodetabek. Kawasan ini menampung lebih 10% jumlah penduduk Indonesia dalam kepadatan mendekati 5.000 orang per km2.

Mulya mengatakan skor ketiga provinsi ini juga jauh lebih tinggi daripada daerah yang paling rentan lainnya, yaitu Kepulauan Riau. Menurut dia, indeks kerentanan ini dapat menjadi referensi bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk menekan penyebaran covid-19.

Sebagai pembanding, Katadata Insight Center memetakan layanan kesehatan provinsi dalam menghadapi covid-19. Parameter yang digunakan, yaitu fasilitas dan tenaga kesehatan per penduduk, serta anggaran kesehatan, yaitu besarnya APBD untuk fungsi kesehatan per kapita.

Provinsi dengan layanan kesehatan paling baik dan selaras dengan jumlah penduduk yakni DKI Jakarta, Sulawesi Utara, dan Papua Barat. Sebaliknya, Jawa Barat dan Banten tidak didukung layanan kesehatan memadai.

“Ini akan menjadi tantangan bagi provinsi-provinsi tersebut dalam menghadapi covid-19,” kata Mulya. (wan)

BAGIKAN