Kapolda Kepri Berdialog dengan Ribuan Buruh di Hari Buruh Internasional

hari buruh internasional
Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah bersama buruh yang menggelar aksi damai May Day di Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Batam, 1 Mei. Foto: gokepri/Muhammad Ravi

Batam (gokepri) – Hari Buruh Internasional atau May Day tak hanya diwarnai aksi demonstrasi, tapi juga momen silaturahmi. Di Batam, Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah bertemu langsung dengan buruh.

Ribuan buruh berkumpul di Halaman Stadion Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, Kota Batam, pada Rabu (1/5/2024) untuk menyampaikan aspirasi dan harapan mereka.

Baca Juga: 

Hari Buruh Internasional
Foto: gokepri/Muhammad Ravi

Silaturahmi ini menjadi momen penting bagi Kapolda Kepri untuk mendengarkan suara para buruh. “Dalam rangka Hari Buruh Internasional, kami bersilaturahmi dengan para buruh di sini untuk memberikan mereka ruang berinteraksi dan mengekspresikan harapan mereka. Kami ingin mereka dapat beraktivitas dengan aman dan mendukung upaya mereka untuk Indonesia, Kepri, dan kemajuan buruh,” ujar Yan Fitri usai acara silaturahmi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, buruh kembali menyuarakan tuntutan mereka. Pencabutan Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja, penolakan Outsourcing dan upah murah, serta kenaikan upah sebesar 15 persen menjadi aspirasi utama. Selain itu, buruh juga meminta pencabutan PMK 168/2023 dan PP 58/2023 tentang PPH 21 yang dianggap memberatkan, dan mendorong terselenggaranya Pilkada di Batam dan Provinsi Kepri dengan damai dan sesuai peraturan.

Menanggapi tuntutan tersebut, Kapolda Kepri menyampaikan aspirasi buruh merupakan agenda penting yang perlu diakomodasi. Kepolisian, menurutnya, memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan dan kondusivitas selama para buruh melakukan aksi.

“Kami fasilitasi untuk bisa berinteraksi dengan buruh agar buruh paham semua itu demi Indonesia, Kepri dan semua buruh. Jadi itu satu harapan, satu keinginan kita dengan saudara kita buruh yang beraktivitas hari ini,” kata Yan Fitri.

Hari Buruh Internasional
Foto: gokepri/Muhammad Ravi

Kapolda Kepri menegaskan pihaknya akan mendengarkan semua aspirasi buruh, meski keputusan akhir berada di tangan pemerintah pusat. Ia pun menekankan pentingnya menjaga situasi yang aman, nyaman, damai, dan kondusif, baik bagi para buruh, masyarakat Batam, maupun Kepri secara keseluruhan.

Silaturahmi ini diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik dan konstruktif antara kepolisian dan para buruh. Dengan saling memahami dan menghormati, diharapkan pula Hari Buruh Internasional di Kepri dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Muhammad Ravi

BAGIKAN