Jogging Tetap Aman Saat Puasa, Simak 5 Tipsnya

Ilustrasi. Jogging tetap aman dilakukan saat berpuasa. Foto: Freepik

Batam (gokepri.com) – Olahraga tetap bisa dan aman dilakukan oleh orang yang sedang berpuasa. Jogging misalnya, tetap bisa dilakukan dan bisa membuat tubuh tetap bugar, sehingga tidak lemas meskipun berpuasa.

Memang saat berpuasa, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar olahraga tidak membatalkan puasa. Dilansir dari laman Hellosehat, berikut ini tips agar jogging tetap aman dilakukan saat berpuasa.

1. Pilih waktu yang tepat

Baca Juga: Cara Memilih Olahraga yang Tepat Saat Puasa Ramadan

Pilihlah waktu yang tepat untuk jogging. Sebaiknya olahraga dilakukan saat 30 hingga 60 menit menjelang berbuka. Sebab, di waktu berbuka, Anda bisa mendapatkan asupan energi dari makanan setelah jogging.

2. Konsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka. Makanan tinggi serat seperti buah-buahan dan sayuran harus lebih banyak dikonsumsi agar merasa kenyang lebih lama.

Hindari mengonsumsi makanan tinggi gula atau bertepung secara berlebihan karena makanan ini cepat dicerna oleh tubuh. Makanan seperti ini akan membuat tubuh mudah lapar saat puasa.

3. Pastikan terhidrasi dengan baik

Saat jogging cairan tubuh banyak yang terbuang. Jogging saat puasa bisa berisiko mengalami dehidrasi karena asupan cairan berkurang.

Jika Anda ingin jogging, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik saat berbuka puasa hingga sahur. Perbanyak cairan dari air putih, buah-buahan dan yogurt.

4. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Pemanasan sangat penting sebelum mulai jogging. Hal ini berfungsi untuk menyiapkan tubuh agar siap melakukan aktivitas fisik. Lakukan pemanasan dengan perlahan untuk meminimalkan stres pada jantung saat mulai lari.

Pemanasan bisa dilakukan dengan berjalan cepat atau lari-lari kecil. Selain pemanasan, pendingan juga perlu dilakukan. Tujuannya untuk menurunkan tekanan darah dan detak jantung secara bertahap.

Pemanasan bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki selama sekitar lima menit.

5. Gunakan sepatu yang tepat

Memilih sepatu yang tepat sebelum jogging juga sangat penting. Sebaiknya gunakan sepatu lari yang pas di kaki. Jangan kebesaran atau kekecilan. Disarankan untuk mengganti sepatu jogging setiap enam bulan sekali untuk mengurangi risko cedera akibat penurunan kualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

***

BAGIKAN