Jerman Melenggang ke 16 Besar Piala Eropa 2024

jerman
Jamal Musiala mencetak gol ke gawang Hungaria. Foto: Reuters

Stuttgart, Jerman (gokepri) – Jerman menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2024 usai mengalahkan Hungaria 2-0 di Stuttgart, 19 Juni.

Jamal Musiala dan Ilkay Gundogan menjadi bintang kemenangan Jerman. Musiala mencetak gol keduanya secara beruntun pada pertengahan babak pertama, meski memicu protes dari pemain Hungaria yang merasa terjadi pelanggaran sebelum gol tercipta.

Baca:

Gundogan menambah keunggulan Jerman di menit 67. Kemenangan ini memastikan langkah Die Mannschaft ke fase gugur, setidaknya sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Anak asuhan Julian Nagelsmann berpeluang mengamankan puncak klasemen Grup A saat menghadapi Swiss di Frankfurt pada laga terakhir fase grup, Minggu mendatang.

“Kami ingin menjadi juara grup. Itu penting karena kami ingin memenangi setiap pertandingan,” tegas pelatih Jerman tersebut.

Sementara itu, Hungaria terancam tersingkir setelah menderita kekalahan beruntun. Mereka wajib mengalahkan Skotlandia untuk bisa menjaga asa lolos ke 16 besar.

“Menurut saya, Jerman tetap akan menang. Namun wasit adalah yang terburuk di lapangan,” keluh pelatih Hungaria Marco Rossi.

Jerman menurunkan skuat yang sama persis seperti saat mereka menggunduli Skotlandia 5-1 di laga pembuka. Ini sekaligus mengakhiri tren negatif kekalahan dalam laga perdana di tiga turnamen major terakhir mereka.

Rossi, di sisi lain, melakukan dua perubahan usai Hungaria takluk 3-1 dari Swiss. Ia memasukkan Marton Dardai ke lini belakang tiga pemain dan Bendeguz Bolla sebagai bek sayap kanan.

Babak pertama yang mengecewakan membuat Hungaria kesulitan menghadapi Jerman. Rossi mengakui timnya membutuhkan pertandingan sempurna untuk bisa mengalahkan Die Mannschaft.

Hungaria nyaris unggul di detik awal laga. Manuel Neuer sigap mengamankan bola dari kaki Roland Sallai.

jerman
Jamal Musiala. Foto: Reuters

Kai Havertz nyaris memecah kebuntuan, namun sundulannya diblok dengan cemerlang oleh Peter Gulacsi. Sundulan Andrich dari sepak pojok susulan juga digagalkan Bolla.

Jerman akhirnya memetik hasil dari tekanan mereka. Musiala memberikan umpan terobosan kepada Gundogan. Kapten Jerman itu mempertahankan serangan meski berduel dengan Orban, kemudian mengembalikan bola kepada Musiala yang menceploskan bola ke gawang setelah membentur mistar dengan sedikit sentuhan Attila Fiola.

Protes Hungaria Tak Digubris

Pemain Hungaria geram karena tidak ada pelanggaran yang diberikan atas kontak antara Gundogan dan Orban yang membuat sang bek terjatuh. Gol tersebut tetap disahkan setelah pengecekan VAR singkat.

Tembakan bebas melengkung Dominik Szoboszlai digagalkan dengan sigap oleh Neuer. Hungaria sempat mengancam lewat peluang susulan, namun gagal dimaksimalkan.

jerman
Ilkay Gundogan mencetak gol ke gawang Hungaria. Foto: Reuters

Blok krusial Jonathan Tah menghentikan peluang kedua Szoboszlai secara beruntun. Di sisi lain, upaya Musiala hanya menghasilkan tendangan ke samping gawang.

Hungaria sempat merayakan gol di masa injury time babak pertama, namun gol Sallai dianulir karena offside setelah Neuer menepis sundulan Orban.

Gulacsi menepis tembakan terdefleksi Toni Kroos di awal babak kedua. Sementara sundulan penyerang Hungaria Barnabas Varga, yang mencetak gol saat kalah dari Swiss, sedikit melebar.

Jerman menggandakan keunggulan melalui serangan yang dibangun dengan sabar melewati menit ke-60. Maximilian Mittelstaedt menusuk dari sisi kiri dan mengirimkan umpan silang yang diselesaikan Gundogan dari dekat titik penalti.

Jerman nyaris menambah keunggulan lewat sundulan Niclas Fuellkrug dan umpan silang Joshua Kimmich. Gulacsi tampil sigap mengamankan gawang Hungaria.

Pelatih Jerman, Nagelsmann, menarik trio penyerangnya saat pertandingan sudah dalam kendali untuk menjaga mereka tetap bugar jelang laga melawan Swiss.

Neuer sempat mengalami momen menegangkan menjelang akhir laga ketika ia gagal mengamankan umpan silang dengan baik. Namun, Kimmich sigap mengamankan bola tendangan Orban di garis gawang untuk memastikan clean sheet pertama Jerman dalam delapan pertandingan Kejuaraan Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News

BAGIKAN