PIALA EROPA 2024: Jerman Gasak Skotlandia 5-1, Sejarah Baru bagi Tim Panser

skor jerman skotlandia
Jamal Musiala mencetak gol ke gawang Skotlandia pada laga pembuka Piala Eropa 2024, Sabtu dini hari. Foto: EPA-EFE

MUNICH, JERMAN (gokepri) – Jerman menggasak Skotlandia yang bermain dengan 10 pemain dengan skor telak 5-1 pada laga pembuka Euro 2024, Jumat (14/6). Kemenangan ini menjadi awal yang gemilang bagi tim tuan rumah sekaligus menorehkan sejarah sebagai margin kemenangan terbesar dalam laga pembuka sepanjang sejarah turnamen.

Tim Panser, yang mengincar gelar juara Eropa keempat mereka dan trofi mayor pertama setelah puasa gelar selama satu dekade, unggul melalui gol Florian Wirtz, Jamal Musiala, dan penalti Kai Havertz. Niclas Fuellkrug dan Emre Can kemudian menambah dua gol di penghujung babak kedua.

Baca: 

Skotlandia, yang kehilangan bek Ryan Porteous akibat kartu merah usai tekel berbahaya terhadap Ilkay Gundogan (yang berujung pada penalti untuk Jerman), baru bisa mencetak gol pada menit ke-87 melalui gol bunuh diri Antonio Ruediger yang berawal dari sundulannya sendiri.

Jerman selanjutnya akan menghadapi Hungaria pada 19 Juni, sebelum melawan Swiss di pertandingan terakhir Grup A.

Sementara itu, Skotlandia, yang kehilangan Porteous karena pelanggaran keras, harus segera berbenah jika mereka ingin lolos dari babak grup untuk pertama kalinya dalam turnamen mayor.

Jerman, yang kalah dalam laga pembuka Piala Dunia 2018 dan 2022 serta Euro 2021 sebelumnya, mendominasi penguasaan bola sejak awal dengan Skotlandia menerapkan strategi bertahan dengan pressing tinggi.

skor jerman skotlandia
Foto: EPA-EFE

Strategi ambisius tersebut justru menjadi bumerang bagi tim tamu. Skotlandia meninggalkan terlalu banyak ruang terbuka di lini belakang, sehingga Jerman dengan mudah menghukum mereka.

Toni Kroos mengirimkan umpan silang sempurna sejauh 30 meter kepada Joshua Kimmich. Kimmich kemudian memberikan umpan terobosan kepada Wirtz yang dengan tenang melepaskan tembakan untuk membawa Jerman unggul 1-0 pada menit ke-10. Gol ini sekaligus menjadikan Wirtz sebagai pencetak gol termuda Jerman di ajang Euro pada usia 21 tahun.

Skotlandia yang masih dalam keadaan terkejut kembali kebobolan sembilan menit kemudian. Gundogan kembali mengirimkan umpan melewati lini belakang Skotlandia, kali ini kepada Havertz di sisi kiri. Havertz kemudian memberikan umpan kepada Musiala yang berada di kotak penalti untuk menceploskan bola ke gawang.

Jerman unggul 3-0 di babak pertama. Keunggulan ini semakin mantap setelah Porteous melakukan pelanggaran ceroboh dan diganjar kartu merah. Havertz dengan mudah mengeksekusi penalti untuk menambah keunggulan Jerman.

Jerman terus mendominasi pertandingan di babak kedua. Tim Panser menambah keunggulan menjadi 4-0 melalui gol sundulan pemain pengganti Niclas Fuellkrug pada menit ke-69. Pelatih Skotlandia, Steve Clarke, yang menjadi orang pertama yang membawa timnya ke dua Euro berturut-turut, hanya bisa menyaksikan timnya tertinggal tanpa daya.

skor jerman skotlandia
Foto: EPA-EFE

Skotlandia, yang tidak memiliki satupun tembakan ke gawang atau ke luar gawang, baru bisa mencetak gol pada menit ke-87 melalui gol bunuh diri Antonio Ruediger. Namun, Jerman kembali menambah keunggulan melalui gol Emre Can pada masa injury time.

Skotlandia yang tertinggal jauh selanjutnya akan menghadapi Swiss pada 19 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN