Skotlandia Jaga Asa Lolos 16 Besar Piala Eropa 2024

skotlandia
Xherdan Shaqiri mencetak gol ke gawang kiper Skotlandia Angus Gunn. Foto: AFP

Cologne, Jerman (gokepri) – Skotlandia menjaga asa mereka untuk lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2024 usai bermain imbang 1-1 melawan Swiss dalam laga Grup A yang menegangkan Kamis dini hari 19 Juni.

Bertekad untuk bangkit usai kekalahan telak 5-1 dari Jerman, Skotlandia mendapat dukungan luar biasa dari ribuan fans dan mengawali laga dengan mimpi. Tendangan Scott McTominay pada menit ke-13 yang mengarah ke gawang justru membelokkan Fabian Schar, bek Swiss, sehingga masuk ke gawang sendiri.

Baca:

Namun, keunggulan mereka tak bertahan lama. Swiss, yang akan memastikan posisi dua teratas dengan kemenangan, menyamakan kedudukan dengan spektakuler. Xherdan Shaqiri, yang kembali dimainkan setelah absen, melepaskan tembakan melengkung indah ke pojok atas gawang usai memanfaatkan kesalahan lini belakang Skotlandia.

skotlandia
Scott McTominay mencetak gol ke gawang Swiss. Foto: AFP

Swiss sejatinya nyaris unggul dua kali lewat gol yang dianulir karena offside tipis – satu gol di babak pertama oleh Dan Ndoye dan satu gol di akhir laga oleh pemain pengganti Breel Embolo. Skotlandia sendiri nyaris menambah keunggulan ketika sundulan Grant Hanley membentur mistar gawang.

Hasil imbang ini membuat Swiss berada di peringkat kedua di bawah pemuncak klasemen Jerman dengan raihan empat poin. Sementara Skotlandia di peringkat ketiga dengan satu poin dan wajib mengalahkan Hungaria di Stuttgart untuk bisa lolos ke fase gugur.

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News

BAGIKAN