Tidur Siang Malah Bikin Sakit Kepala, Ternyata Ada Penyebabnya

tidur siagn sakit kepala
Ilustrasi. Tidur siang bisa mengatasi rasa lelah, tapi juga bisa menyebabkan sakit kepala. Foto: Freepik.com

Batam (gokepri.com) – Tidur siang biasanya bisa mengembalikan kesegaran setelah terlalu lelah dengan aktivitas. Tapi ada kalanya tidur siang malah bikin sakit kepala. Ternyata hal itu ada penyebabnya.

Bagi sebagian orang tidur siang memang tidak dapat mengembalikan kesegaran, melainkan menjadi pusing dan sakit kepala saat bangun.

Menurut National Sleep Foundation ada beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala setelah tidur siang. Hal ini erat kaitannya dengan adanya gangguan tidur baik yang berasal dari lingkungan maupun dari diri sendiri.

Baca Juga: Insomnia Serang 1 dari 10 Penduduk, Ini Tips Mengatasi Gangguan Tidur

Dilansir laman Hellosehat, berikut ini beberapa penyebab sakit kepala setelah tidur siang.

1. Posisi atau bantal yang salah

Posisi tidur misalnya tidur sambil duduk bisa menjadi penyebab sakit kepala. Demikian juga penggunaan bantal yang tidak tepat bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Bantal yang terlalu keras atau salah meletakkannya bisa membuat otot leher tegang dan pegal, sehingga mengarah kepada sakit kepala saat terbangun.

National Sleep Foundation menganjurkan jika tidur siang dilakukan selama perjalanan sebaiknya membawa khusus seperti bantal leher untuk menahan kepala dan leher agar posisinya nyaman.

2. Punya masalah pernapasan

Masalah atau gangguan pernapasan juga bisa menyebabkan sakit kepala saat tidur siang. Masalah pernapasan ditandai dengan adanya dengkuran saat tidur.

Mendengkur bisa menjadi salah satu tanda obstructive sleep apnea (OSA). OSA terjadi saat otot belakang tenggorokan mengendur, saluran pernapasan menyempit dan menutup saat bernapas. Hal ini dapat menurunkan kadar oksigen dalam tubuh.

Kondisi ini membuat orang mudah terbangun saat tidur untuk membuka saluran pernapasan. Selain mendengkur penyakit pernapasan lainnya seperti TBC, emfisema, dan penyakit paru dapat mengganggu kualitas tidur siang.

3. Kurang tidur

Kurang tidur atau istirahat di malam hari bisa menyebabkan sakit kepala saat tidur di siang hari. Hal ini karena kualitas tidur di malam hari tidak bisa digantikan dengna tidur di siang hari.

Sebaiknya berikan waktu yang cukup untuk istirahat di malam hari untuk menghindari kelelahan dan sakit kepala di siang hari.

4. Kebiasaan gemeretak gigi

Menggemeretakkan gigi saat tidur atau bruxism terjadi tanpa disadari. Kondisi ini sering menjadi penyebab sakit kepala.

Orang yang mengalami bruxism cukup parah dan sering bisa menyebabkan otot pipi, dagu, hingga pelipis tertarik lebih dari biasanya hingga membuat sakit kepala saat bangun tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

***

BAGIKAN