Jalan Tol Sumbar Segera Rampung, Padang-Bukittinggi Hanya 1 Jam

Progres pembangunan fly over di Pasar Usang bagian dari pembangunan jalan tol Padang-Sicincin. (foto Dok.Hutama Karya)

Padang (gokepri.com) – Kabar gembira bagi masyarakat Sumatera Barat. Jalan tol Sumbar akan segera rampung. Paling tidak, jalan tol diprediksi selesai hingga Juli 2024 ini.

Proyek pembangunan jalan tol Padang-Sicincin yang juga termasuk ke dalam rangkaian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus menunjukkan perkembangan positif.

Jika jalan tol tersebut selesai, maka jarak tempuh Padang-Bukittinggi lebih hemat hingga 1,5 jam.

Jika selama ini jarak tempuh Padang ke Bukittinggi butuh waktu 2,5 jam, maka melalui jalan tol hanya memerlukan waktu 1 jam saja.

Diketahui, kontruksi fisik per bulan Mei 2024 ini, pembangunan jalan tol Padang-Sicincin ini telah mencapai 61 persen.

Sementara untuk proses pembebasan lahan proyek jalan tol Padang-Sicincin itu sendiri hampir mencapai 96 persen.

Data tersebut merupakan data terbaru yang dimiliki oleh PT Hutama Karya selaku pihak pengembang jalan tol Padang-Sicincin.

Hutama Karya sendiri optimis jalan tol sepanjang 36,6 kilometer ini dapat tuntas pembangunannya sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan jalan tol Padang-Sicincin ini dapat tuntas secara keseluruhan pada Juli 2024.

Pembangunan jalan tol yang menjadi seksi 1 dari ruas jalan tol Padang-Pekanbaru ini pun terus dipercepat proses pembangunan fisiknya.

Jalan tol yang dinantikan oleh masyarakat Sumatera Barat ini nantinya akan memiliki sejumlah fasilitas terbaik.

Diantaranya terdapat 3 gerbang tol, 1 pasang Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP) atau rest area Tipe A pada STA 23+000 A.

Kemudian terdapat sejumlah bangunan persilangan seperti 8 jembatan sungai, 2 jembatan irigasi, dan 14 jembatan under bridge.

Selain itu, jalan tol Padang-Sicincin ini juga akan dilengkapi dengan jumlah lajur 2×2, dengan kecepatan rencana 80 km/jam. (*)

sumber: harianhaluan

BAGIKAN