Jajaran Laptop Gahar Asus ROG yang Siap Meluncur di Batam

Salah satu produk laptop gaming ASUS ROG yang akan diluncurkan di Indonesia tahun ini dipamerkan dalam Asus Media Gathering di Batam. Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

Batam (gokepri.com) – Asus, melalui sub merek Republic of Gamers (ROG), telah menyiapkan beberapa laptop terbaru dengan spesifikasi gahar untuk meluncur ke pasar Indonesia pada tahun 2024, termasuk di Batam.

Jajaran laptop yang akan dihadirkan mulai dari seri TUF Gaming, ROG Strix SCAR dan Strix G serta ROG Zephyrus G. Semuanya dibekali hardware dan teknologi terbaru seperti CPU Intel Core Ultra Series dan AMD Ryzen 8000 Series, serta GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series.

CPU generasi terbaru tersebut telah dirancang secara khusus untuk mendukung pemrosesan AI dengan hadirnya NPU (neural processing unit) sebagai bagian dari CPU package.

Baca Juga: Deretan Laptop Gaming ASUS yang Bakal Meluncur di 2024 

Public Relation Asus Indonesia, Muhammad Fafhil Mawaridi mengungkapkan, semua laptop gaming terbaru itu akan segera tersedia di Indonesia, termasuk di Batam, pada bulan Februari 2024.

Pihaknya memastikan para gamers di Indonesia dapat segera menikmati teknologi terkini dan pengalaman gaming terdepan yang ditawarkan oleh ASUS ROG.

“Untuk saat ini Asus masih kita perkenalkan. Kalau untuk harga belum bisa kita bocorkan. Tapi yang pastinya laptop ini terbaik untuk eksperimen AI. Dengan dukungan hardware tinggi, laptop ROG menjadi pilihan utama untuk eksperimen AI,” kata Muhammad Fafhil Mawaridi, Senin, 29 Januari 2024.

Performa produk baru yang ditawarkan juga didukung memori DDR5 dan penyimpanan PCIe Gen4 x4 SSD untuk mempercepat transfer data. Sistem pendingin canggih ROG Intelligent Cooling, yang mencakup liquid metal, kipas Arc Flow Fan generasi kedua, dan heatsink tipis, menjaga stabilitas performa.

Ditambah fitur unik seperti Active Aerodynamic System pada ROG Zephyrus Duo 16 dan sistem Tri-Fan pada ROG Strix 16/18 Series, serta vapor chamber pada ROG Strix SCAR 17 untuk menunjang pendinginan efektif.

MUX Switch pada semua model memastikan pemrosesan grafis optimal di GPU diskrit. Armoury Crate memungkinkan tuning performa, termasuk pengaturan clockspeed dan fan curve, serta opsi untuk mematikan core CPU tertentu, mendukung penyesuaian performa untuk kebutuhan eksperimen AI.

TUF Gaming F16 dan A15 untuk Gamer Pemula

Untuk gamer pemula, Asus menghadirkan TUF Gaming F16 dengan layat 16 inci, CPU hingga Intel Core i7-13650HX, GPU NVIDIA GeForce RTX™ 4060 serta layar Full HD 165Hz 100% sRGB yang dapat memanjakan para gamers.

Asus juga menyediakan opsi bagi gamer yang memilih laptop gaming 15 inci lewat TUF Gaming A15. TUF Gaming A15 ditenagai oleh CPU AMD Ryzen 8000 Series yang telah dibekali dengan NPU untuk mengakselerasi pemrosesan AI dan GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series untuk mengakselerasi performa gaming-nya.

ROG Strix SCAR 16/18 dan Strix G16/G18 yang Lebih Powerful

ROG Strix SCAR 16/18 kembali tampil sebagai laptop paling powerful di awal tahun 2024. Dibekali dengan CPU Intel Core i9-14900HX dengan TDP hingga 65W, serta GPU NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP hingga 175W, membuat laptop gaming ini dipastikan dapat melibas semua game yang ada di platform PC tanpa terkecuali.

Laptop gaming ini sudah dibekali dengan layar ROG Nebula HDR yang menggunakan panel Mini LED, serta sistem pendingin yang dibekali dengan tiga kipas. Performanya yang sangat kencang juga membuat laptop gaming ini sangat ideal untuk eksperimen AI.

ASUS ROG juga memperkenalkan ROG Strix G16/G18 yang dibekali dengan layar ROG Nebula Display dan opsi GPU hingga GPU NVIDIA GeForce RTX 4080. Meski demikian, laptop ini masih ditenagai oleh CPU hingga Intel Core i9-14900HX dengan TDP hingga 65W dan sistem pendingin tiga kipas yang dapat menjaga suhu operasionalnya secara optimal.

ROG Zephyrus G14 dan G16 jadi Laptop Primadona

ROG Zephyrus G14 dan G16 merupakan laptop primadona ASUS ROG di tahun 2024. ROG Zephyrus G14 dan ROG Zephyrus G16 tampil sebagai laptop gaming untuk para gamers yang mengedepankan performa dan portabilitas.

Tidak hanya hadir dengan dimensi bodi yang lebih tipis dan ringan, tapi juga unggul di berbagai hal, mulai dari konektivitas yang lengkap, hardware yang lebih efisien, sistem pendingin lebih baik, hingga layar yang dapat menyajikan kualitas visual lebih baik dibandingkan semua laptop gaming yang ada hingga saat ini.

ROG Zephyrus G14 dan G16 merupakan laptop gaming pertama di dunia yang mengadopsi layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Istimewanya adalah layar yang digunakan di laptop ini merupakan layar laptop berpanel OLED pertama di dunia yang dibekali dengan teknologi VRR atau variable refresh rate.

VRR merupakan fitur yang sangat penting bagi para gamers karena dapat mengeliminasi efek screen tearing dan stuttering saat bermain game.

ROG Zephyrus G14 dan G16 juga ditenagai oleh hardware generasi terbaru yaitu CPU hingga AMD Ryzen 8545HS untuk Zephyrus G14 dan Intel Core Ultra 9 185H untuk Zephyrus G16.

Keduanya merupakan CPU generasi terbaru yang telah dibekali dengan NPU untuk mengakselerasi pemrosesan AI. Sementara untuk grafisnya, kedua laptop ini mengandalkan GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series yang sudah teruji keandalannya dalam hal gaming, produksi konten, hingga AI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Muhammad Ravi

BAGIKAN