Imigrasi Pastikan Warga India Dilarang Masuk Batam

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam. (FOTO//gokepri.com/ard

Batam (gokepri.com) – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam memastikan akan menolak Warga Negara Asing (WNA) asal India yang akan akan masuk ke Indonesia melalui Batam.

Hal itu sebagaimana kebijakan Pemerintah Indonesia karena dampak melonjaknya kasus positif Covid-19 di India. Penolakan masuk juga berlaku bagi seluruh WNA yang mempunyai riwayat perjalanan dari India dalam kurun waktu 14 hari sebelum masuk wilayah Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Ibnu Ismoyo mengatakan kebijakan itu dilakukan pemerintah tidak lain adalah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Mengingat saat ini di India sedang terjadi lonjakan kasus.

“Jadi bukan hanya orang India saja yang dilarang. Warga Negara Asing yang sebelumnya pernah ke India dalam waktu 14 hari terakhir juga tidak diizinkan masuk ke Indonesia,” kata Ismoyo di Batam Center, Selasa (4/5/2021).

Ismoyo juga mengatakan selain menolak masuk orang asing dari India, Imigrasi saat ini juga menghentikan sementara penerbitan visa bagi warga negara India. Hal itu berlaku sampai ada kebijakan baru dari pemerintah pusat.

“Yang jelas kami akan akan meningkatkan pengawasan di lapangan,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Jhoni Ginting mengatakan kebijakan ini diterapkan untuk menyikapi dinamika terbaru lonjakan jumlah kasus harian Covid-19 di India.

Namun, pihaknya memastikan bahwa penolakan masuk tidak berlaku bagi WNI yang memiliki riwayat perjalanan dari India dalam kurun waktu 14 hari sebelum memasuki wilayah Indonesia.

“Bagi WNI yang masuk tentunya tetap harus mengikuti protokol kesehatan ketat sesuai aturan dari Satgas Penanganan Covid-19,” ujar Jhoni.

Pintu masuk bagi WNI yang akan pulang ke Indonesia hanya melalui TPI sebagai berikut:

1. Bandar Udara Soekarno-Hatta di Tangerang
2. Bandar Udara Juanda di Surabaya
3. Bandar Udara Kualanamu di Medan
4. Bandar Udara Sam Ratulangi di Manado
5. Pelabuhan Laut Batam Centre di Batam
6. Pelabuhan Laut Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang
7. Pelabuhan Laut Dumai di Dumai

(ard)

|Baca Juga : Hindari Karantina di Jakarta, Warga India Kabur Makan Martabak di Batam

BAGIKAN