Geger, Nelayan Anambas Temukan Benda Mirip Rudal China

Nelayan Anambas temukan benda mirip rudal

Anambas (gokepri.com) – Warga di Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Anambas heboh dengan penemuan benda yang menyerupai rudal China. Benda berbentuk bulat panjang berwarna biru itu terdapat beberapa tulisan China.

Seorang nelayan bernama Ain dan anaknya, Aris, menemukan benda itu di tepi pantai pada Selasa (19/1/2021) sekira pukul 15.30 WIB. “Saya baru pertama kali melihat benda ini. Jadi tidak tahu nama alatnya apa,” katanya, Rabu (20/1), seperti dilansir Antara.

Seorang pemuda setempat Hendriyano menyatakan sampai saat ini benda tersebut masih berada di tempat penemuan awal. “Beratnya diperkirakan 25 kilogram dengan panjang 1,5 meter,” ungkap Hendriyano.

Baca juga: Kapal China Matikan Sistem Lacak di Laut Natuna Utara

Warga sekitar sudah melaporkan temuan benda itu ke Pemkab Anambas serta pihak yang berwajib. “Informasinya, pihak berwenang akan datang untuk melihat dan mengecek benda tersebut,” kata Hendriyano.

Rudal China dan benda lain disinyalir beberapa kali menjelajahi lautan Indonesia. Seperti kejadian pada 20 Desember 2020 lalu, nelayan di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan menemukan drone bawah laut mirip Sea Wing milik China.

Sebelumnya, benda diduga milik China juga ditemukan di Sumenep, Jawa Timur, pada Januari 2020. Lokasi temuan di perairan di antara Madura dan Kalimantan.

Menanggapi itu, Joko Purwono, perekayasa utama bidang pertahanan keamanan di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), menolak terburu-buru berspekulasi. Menurutnya, penting untuk pertama-tama menyelidiki apa muatan dari benda temuan tersebut. Termasuk harus mempelajari penggunaan sumber energinya, selain juga sensor-sensor yang ada dan kemampuannya.

“Kalau bisa, kita lihat dulu dalamnya. Tergantung instrumen yang ada, apakah dia bisa untuk militer atau sebatas survei laut dan ikan,” katanya kepada media. (wan)

BAGIKAN