Erick Thohir Tak Bedakan Pemimpin Senior dan Generasi Muda di BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

Jakarta (gokepri.com) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan dirinya tak membedakan sikap terhadap pemimpin senior maupun dari generasi muda di BUMN.

Perbedaan generasi sumber daya manusia (SDM) di BUMN tersebut justru dinilai bisa bersinergi membentuk keseimbangan, yang akan berperan penting dalam memenangkan persaingan.

“Saya tipe pemimpin yang percaya keseimbangan, saya tidak pernah bilang yang muda itu paling bagus atau paling emosi, yang senior itu paling bijak atau juga paling benar. Keseimbangan itu penting dalam kehidupan,” ujar Menteri BUMN dalam acara “Erick Thohir Menyapa: Fast Break Menuju Generasi Emas BUMN,” yang disiarkan secara virtual dari Jakarta pada Senin (14/6/2021).

Lebih lanjut Menteri BUMN mengatakan pihaknya menargetkan porsi pemimpin BUMN dari generasi muda berusia di bawah 42 tahun sebesar lima persen. Adanya pemimpin muda ini diharapkan bisa mempercepat proses transformasi di semua lini usaha BUMN agar menjadi perusahaan yang lebih kompetitif dan berkelas dunia.

“Untuk mendorong pencapaian target itu, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) secara khusus membentuk organisasi yang mewadahi karyawan muda BUMN pada 2018,” imbuhnya.

FHCI Millenials diubah menjadi FHCI Muda pada 2020 dan kemudian menjadi BUMN Muda. Pada April 2021, Menteri BUMN, Erick Thohir memilih Direktur Digital Healthcare Biofarma Soleh Ayubi menjadi Ketua dari BUMN Muda.

BUMN Muda, lanjut Menteri BUMN, adalah inisiatif strategis untuk menyatukan dan menguatkan peran talenta muda potensial dari seluruh BUMN sebagai penggerak transformasi BUMN menjadi korporasi profesional berkelas dunia.

Ketua BUMN Muda Soleh Ayubi mengajak seluruh karyawan muda BUMN untuk bergabung dalam program-program BUMN Muda melalui saluran-saluran resmi media sosial yang disediakannya.

Baca juga: Bisnis Bank BUMN Akan Ditertibkan Sesuai Sektornya

“Komitmen Menteri BUMN Erick Thohir ini merupakan game changer di BUMN. Bersama FHCI, BUMN Muda siap mengawalnya, dan menjadi dukungan serta mitra strategis agar insan muda BUMN bisa berkiprah sebagai agen perubahan, dan pemimpin generasi baru yang berlandaskan core values ahlak,” imbuhnya. (wan)

BAGIKAN