Disiapkan Shuttle Bus, Wisman Makin Mudah Jelajahi Batam

Shuttle bus yang disiapkan Pengelola Pelabuhan Interanasional Sekupang untuk antar jemput wisman ke pusat perbelanjaan dengan gratis. Foto: ANTARA

Batam (gokepri.com) – Wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Batam melalui Pelabuhan Internasional Sekupang kini semakin mudah untuk menjelajahi Kota Batam. Hal ini karena pengelola pelabuhan tersebut menghadirkan layanan bus antar jemput (shuttle bus).

Layanan bus ini menggunakan armada Trans Batam, dan melayani rute dari Pelabuhan Internasional Sekupang menuju pusat perbelanjaan di Batam.

Komisaris Pelabuhan Internasional Sekupang Kota Batam Pipin Kusnadi mengatakan shuttle bus ini adalah inovasi yang dihadirkan untuk memudahkan wisman saat berkunjung ke Batam.

Baca Juga: Kunjungan Wisman ke Kepri Naik Sepanjang Mei

“Peningkatan fasilitas ini akan memberikan kenyamanan bagi wisman, tentu kami berharap akan lebih banyak wisman yang melewati Pelabuhan Internasional Sekupang Kota Batam,” kata dia, Sabtu 6 Juli 2024.

Pipin mengklaim pelabuhan tersebut merupakan yang terbaik dengan area yang luas di Batam. Kehadiran fasilitas shuttle bus tersebut diharapkan bisa meningkatkan jumlah penumpang yang melewati Pelabuhan Internasional Sekupang.

Tidak hanya shuttle bus, ke depan kata Pipin ada banyak rencana pengembangan pelabuhan yang tujuannya untuk memeberi kemudahan wisatawan.

Marketing Executif Batam Fast Anisa Choirany mengatakan wisman yang berangkat dari Singapura bisa mendapatkan tiket bus Trans Batam di konter tiket feri Batam Fast yang ada di Harbourfront, Singapura secara gratis.

Kehadiran shuttle bus ini kata dia menjadi salah satu upaya untuk menarik wisman datang ke Batam melewati Pelabuhan Internasional Sekupang.

“Shuttle bus ini dapat dimanfaatkan sejak 5 Juli ini dan berkelanjutan,” kata dia.

Bus Trans Batam ini menjemput wisman yang baru tiba di Pelabuhan Internasional Sekipang pada pukul 08.50 WIB dan mengantarkan wisman menuju Grand Batam Mall.

Kemudian pada pukul 15.40 para wisman kaan dijemput kembali di halte Grand Batam Mall menuju ke Pelabuhan Internasional Sekupang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata mengatakan adanya shuttle bus ii merupakan salah satu penerapan dalam komponen penting dan wajib ada di setiap destinasi pariwisata, yaitu amenitas.

“Perjalanan wisata itu harus yang memudahkan, menyenangkan dan kalau bisa harga juga terjangkau. Maka sangat diperlukan komponen A3, amenitas, aksesbilitas serta atraksi,” ujar Ardi.

Ia mengatakan layanan shuttle bus menggunakan armada Trans Batam ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemko) Batam dengan Pelabuhan Internasional Sekupang.

Keberadaan shuttle bus ini kata dia juga menjadi salah satu upaya dalam mendorong tercapainya target kunjungan wisman tahun 2024 sebanyak 2 juta kunjungan. ANTARA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN