Dari Batam Bisa Terbang Langsung ke China

Pesawat batam china
Pesawat maskapai Citilink di Bandara Hang Nadim Batam. Foto: Dok. PT BIB

Batam (gokepri) – Bandara Hang Nadim Batam membuka rute baru penerbangan internasional ke Kunming, China yang dilayani Citilink mulai awal 2024. Berharap membuka peluang kerja sama perdagangan dan menambah kunjungan turis.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah menjelaskan rute baru itu diharapkan memperluas konektivitas regional dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di Indonesia khususnya Kota Batam.

“Hadirnya rute baru penerbangan tersebut merupakan tindak lanjut dan komitmen BIB dalam program leaving legacy dengan menginisiasi transformasi ekosistem kebandarudaraan yang sebelumnya hanya melayani permintaan menjadi menciptakan permintaan,” kata Pikri dalam keterangan tertulis, pada Selasa, 16 Januari 2024.

Baca Juga: CEO IIAC Hag Jae Lee Kunjungi Bandara Hang Nadim Batam

Rencana penerbangan Internasional dari dan ke Kunming, China akan dilayani oleh maskapai Citilink Indonesia. Penerbangan akan dimulai pada 20 Januari 2024. Pada periode Januari-Maret penerbangan tersebut dijadwalkan satu kali dalam sepekan. Lalu periode April-Mei direncanakan dua kali sepekan, dan pada periode selanjutnya sampai dengan Januari 2025 direncanakan menjadi tiga kali sepekan.

Pikri mengungkapkan manajemen BIB dan pihak-pihak terkait telah melakukan persiapan khusus operasional bandara untuk memastikan kelancaran kegiatan inaugurasi atau penerbangan perdana nanti. Persiapan tersebut adalah meningkatkan fasilitas dan utilitas pendukung pada area boarding gate international, check-in counter, imigration check, dan sebagainnya.

“Tidak hanya itu, optimalisasi pemeriksaan keamanan dan keselamatan penerbangan pada orang dan barang juga telah diterapkan untuk memastikan terciptanya penerbangan yang aman dan nyaman,” ungkapnya.

Dengan adanya penerbangan Internasional dari Batam menuju China atau sebaliknya diharapkan akan membuka peluang bisnis dan investasi di sektor pariwisata, perdagangan, industri, dan tentunya akan memberikan peluang dan pengalaman baru bagi pelanggan untuk menjelajahi destinasi menarik di kedua negara.

Dengan terealisasinya rencana penerbangan Internasional dari dan ke China diharapkan dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia khususnya Batam dan negara lain, dan kerja sama tersebut akan membawa manfaat bagi pengembangan Batam sebagai kawasan yang berorientasi internasional.

“Penerbangan ini ke depan akan menjadi penerbangan reguler internasional dari dan ke China,” kata Pikri. Pikri meyakini dengan meningkatnya pengunjung dan konektivitas ini juga berpengaruh pada permintaan berbagai layanan dan produk, sehingga berpontensi meningkatkan peluang usaha di kawasan tersebut.

Selain itu aksesibilitas masyarakat Batam dan sekitarnya ke berbagai destinasi internasional juga dapat dilakukan dengan mudah dan efisien tanpa perlu terlalu banyak waktu untuk transit di negara lain terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Muhammad Ravi

BAGIKAN