BPBD Bintan Tangani 113 Bencana Sepanjang 2024

BPBD Bintan menggelar apel kesiapsiagaan sebelum turun ke lapangan. Foto: Istimewa/BPBD Bintan

Tanjungpinang (gokepri.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan menangani 133 kejadian bencana sepanjang tahun 2024 mulai dari Januari-April.

Kepala Pelaksana BPBD Bintan Ramlah mengatakan, data tahun 2023 lalu, BPBD menangani 338 kejadian bencana tersebar di sepuluh kecamatan daerah setempat. “Sementara dari Januari – Apri 2024 tercatat ada 133 kejadian bencana,” kata dia belum lama ini.

Bencana yang ditangani didominasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Namun begitu, penanganan karhutla berjalan maksimal dengan melibatkan satgas karhutla. Dampak bencana tersebut terhadap masyarakat juga sangat kecil.

Baca Juga: Warga Bintan Harap Waspada Bencana Hidrometeorologi

“Masih tergolong aman,” kata dia

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo mengatakan, untuk meminimalisir terjadinya bencana tersebut, Polres Bintan bersama dengan stakeholder melakukan koordinasi Kesiapsiagaan untuk menanggulangi bencana.

”Pemerintah Kabupaten Bintan akan berkolaborasi dengan TNI-POLRI dalam menghadapi bencana alam yang mugkin dapat terjadi di musim penghujan tahun 2024 ini,” kata dia.

Ia menyebut, bakal ada pembentukan Tim Siaga Bencana yang dapat melakukan penanganan awal jika terjadinya bencana khususnya di wilayah hukum Polres Bintan

“Jika terjadi bencana alam tentunya kita dari TNI/POLRI dan pemerintah serta masyarakat bisa mengantisipasinya dan mengambil langkah-langkah untuk penanggulangannya,” kata Riky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN