Beli Elpiji 3 Kg di Tanjungpinang Kini Wajib Pakai KTP

gas elpiji di tanjungpinang
Ilustrasi. Beli gas elpiji 3 kilogram di Tanjungpinang kini wajib pakai TKP. Foto: Gokepri.com/Engesti

Tanjungpinang (gokepri) – Beli gas elpiji 3 kg di Tanjungpinang kini wajib menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di tiap pangkalan.

Salah seorang karyawan pangkalan gas elpiji di Tanjungpinang, Lina mengatakan membawa indentitas saat membeli gas 3kg sebagai upaya pemutakhiran data pengguna gas bersubsid.

Selain membawa KTP, NIK pembeli juga sudah harus terdaftar di website pertamina untuk membeli gas 3 kg.

Baca Juga: Siap-siap, Pembelian Gas Elpiji 3 Kg Wajib Tunjukkan KTP

“Iya sudah seminggu ini diterapkan. Tapi memang aturannya sudah lama ada,” kata dia, Senin 27 November 2023.

Ia mengatakan pembelian gas elpiji menggunakan KTP itu hanya diperuntukan untuk bagi gas 3 kg saja. Sedangkan gas ukuran 5 kg dan 12 kg tidak perlu menggunakan KTP.

“Kalau yang lain beli ya tinggal beli. Jadi tak perlu daftar atau nunjukin KTP. Asal sudah terdaftar, ya mau beli di mana saja bisa,” ucapnya.

Sementara itu, Neni, pemilik pangkalan gas elpiji di Batu 10 Tanjungpinang menyebut, pemberlakuan pembelian gas 3 kg sudah diterapkan sejak 2 bulan terakhir.

“Memang aturannya sudah lama. Hanya saja seminggu terakhir memang kita masifkan,” ujar Neni.

Ia juga mengaku pembelian gas 3kg menggunakan KTP sangat baik. Sebab, distribusi gas elpiji 3 kg lebih tepat sasaran. Selama ini banyak, masyarakat yang sulit mendapatkan gas elpiji 3kg dengan alasan kosong.

“Lebih taat aturan aja, jadi pembeli gas 3 kg nggak beli banyak untuk dijual lagi. Tapi kalau harus daftar tidak semua orang melek teknologi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN