Asia Tenggara Surga Pasar Digital

Industri online di kawasan ini akan meningkat tiga kali lipat menjadi USD309 miliar dalam nilai barang dagangan kotor pada tahun 2025, hampir sejalan dengan perkiraan USD300 miliar yang dibuat tahun lalu.

Dengan peningkatan pengguna online sebesar 11%, Asia Tenggara adalah salah satu pasar internet dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Itu dibandingkan dengan sekitar 4,7 miliar pengguna internet di seluruh dunia, naik 7,4% dari tahun lalu, menurut wearesocial.com, layanan pemantauan digital.

Baca Juga:

Pertumbuhan penggunaan internet yang berkelanjutan telah membantu menciptakan unicorn seperti Grab dan Go-Jek, dengan startup di kawasan ini menarik miliaran modal dari perusahaan teknologi global dan perusahaan investasi.

Nilai kesepakatan telah menurun sejak 2018, terutama didorong oleh perlambatan investasi besar-besaran unicorn, kata laporan Google-Temeasek-Bain. Namun, kesepakatan senilai $ 6,3 miliar terjadi pada paruh pertama tahun 2020 versus $ 7,7 miliar tahun lalu.

Investor masih memiliki modal yang cukup untuk digunakan tetapi lebih fokus pada jalur perusahaan menuju profitabilitas. (Can)

Editor: Candra Gunawan

Sumber: Reuters

1
2
BAGIKAN