4 Paket Pelatihan Las Akan Ditambahkan di BLK Kepri

pelatihan las blk kepri
Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat meninjau BLK Kepri, Selasa 4 April 2023. Foto: Diskominfo Kepri.

TANJUNGPINANG (gokepri.com) – Empat paket pelatihan las akan ditambahkan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kepri yang beralamat di Jalan DI Panjaitan Km 8, Tanjungpinang. Penambahan paket pelatihan las itu dananya berasal dari APBD Perubahan tahun 2023.

Rencana penambahan paket pelatihan itu diungkapkan Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat meninjau BLK Kepri, Selasa 4 April 2023.

Ansar mengatakan BLK merupakan tempat mengasah keterampilan calon pekerja. Oleh karena itu sudah seharusnya menyediakan berbagai paket pelatihan yang bisa diakses anak-anak muda Kepri.

“Kita lihat hari ini ada banyak anak-anak muda yang sedang dalam pelatihan, kita tambah lagi nanti biar semakin banyak calon pekerja yang terserap melalui pelatihan di BLK Kepri,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Pemprov Kepri.

Tidak hanya menambahan paket pelatihan, Ansar juga akan mengucurkan anggaran untuk sarana dan prasarana seperti menambah peralatan latihan dan perbaikan atap gedung BLK.

“Kami akan siapkan anggaran untuk perbaikan atapnya dan peremajaan alatnya,” ujarnya.

Gubernur Ansar pun menekankan agar selesai mengikuti pelatihan, para peserta bisa langsung diserap oleh perusahaan yang ada di Kepri.

“Jangan malah menambah pengangguran baru di Kepri, jadi begitu selesai pelatihan langsung bisa masuk dunia kerja,” ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepri Mangara Mangara Simarmata mengatakan setiap angkatan pelatihan las bisa diikuti 16 orang.

Dengan penambahan empat paket pelatihan las, maka ada 64 orang yang bisa mengikuti pelatihan las.

Saat ini BLK Provinsi Kepri menyediakan 12 pelatihan yang bisa diikuti calon pekerja. Pelatihan yang tersedia adalah las, teknik listrik, teknik ilmu komputer, garmen, perbaikan sepeda motor, kulkas, AC, dan lainnya.

Mangara mengatakan saat ini pihaknya telah menjalin berbagai kerjasama dengan beberapa perusahaan.

Setelah pelatihan, para peserta akan mengikuti uji kompetensi (UJK) dan jika lulus bakal mendapat dua sertifikat, yaitu sertifikat mengikuti pelatihan dari BLKPP Kepri dan sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dari Jakarta.

Setelah para peserta lulus pelatihan data mereka akan dikirim ke perusahan-perusahaan di daerah setempat.

“Waktu uji kompetensi nanti, kami akan undang perusahaan untuk melihat uji kompetensi, dan kami harapkan setelah melihat langsung mereka langsung diterima perusahaan ,” kata Mangara.

Baca Juga: Pengelola Destinasi Wisata Ikuti Pelatihan Kelola Bisnis dan Pemasaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Asrul Rahmawati

BAGIKAN