3 Hari Menghilang, Kapal Nelayan Ditemukan di Perairan Anambas

Tim SAR menemukan kapal nelayan yang sebelumnya hilang kontak di Perairan Anambas.
Tim SAR menemukan kapal nelayan yang sebelumnya hilang kontak di Perairan Anambas.

Anambas (gokepri.com) – Tim SAR Natuna akhirnya menemukan kapal nelayan di Perairan Anambas, Rabu (13/1/2021). Kapal dengan seorang nakhoda dan 3 anak buah kapal (ABK) itu sempat hilang kontak sejak Minggu (10/1/2021).

“Kapal ditemukan Tim SAR Gabungan pada Rabu (13/1) dalam perjalanan dari Pulau Batu Belah menuju Pulau Temburun. Seluruh ABK dan kapten kapal dalam keadaan selamat,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) SAR Natuna, Mexianus Bekabel.

Kapal tersebut terakhir kontak pada Minggu (10/1). Cuaca ekstrem diduga menjadi penyebab hilangnya kontak kapal yang dinakhodai Widi Saputra dengan ABK Yanto, Putra, dan Uwen tersebut.

Mendapat informasi hilangnya kontak kapal tersebut, KPP Sar Natuna langsung melakukan pencarian. Proses pencarian sempat tertunda karena terkendala cuaca buruk.

Kapal pertama kali ditemukan berdasarkan informasi dari para korban. Kala itu, petugas berhasil menghubungi korban yang mengatakan dalam perjalanan ke salah satu pelabuhan di Anambas.

“Korban sudah bisa dihubungi dan menginformasikan bahwa mereka sedang dalam perjalanan kembali ke pelabuhan Desa Batu Belah,” kata Mexianus.

Setelah mendapat informasi, petugas siaga meneruskan ke Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Anambas untuk melakukan koordinasi dan pemantauan. Pada Rabu pagi, Tim SAR bergerak ke Pulau Batu Belah dan di tengah perjalanan bertemu dengan para korban.

“Saat perjalanan menuju ke Pulau Batu Belah, Tim Rescue bertemu dengan korban beserta kapalnya. Mereka sedang dalam perjalanan dari Pulau Batu Belah menuju Pulau Temburun,” katanya. (wan)

BAGIKAN