Uniba Jadi Penyelenggara TOEFL ITP di Kepulauan Riau

Toefl di kepulauan riau
Penandatanganan MoU Uniba dan IIEF di aula Gedung Pascasarjana Uniba, Batam Center, Selasa (14/5/2024). Foto: Uniba

Batam (gokepri) – Universitas Batam (Uniba) menjalin kerja sama dengan Indonesian International Education Foundation (IIEF) sebagai penyelenggara Test of English as a Foreign Language Institutional Testing Program (TOEFL ITP) di Provinsi Kepulauan Riau. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan di aula Gedung Pascasarjana Uniba pada Selasa (14/5/2024).

Acara ini dihadiri oleh jajaran pimpinan Uniba, pejabat utama dari IIEF, serta ratusan mahasiswa Uniba dan mahasiswa kampus di Batam. Tampak hadir Wakil Rektor I Uniba Chabullah Wibisono, Wakil Rektor III Mohammad Gita Indrawan dan Helga Ferdilla, Kepala Language Centre Universitas Batam.

Baca Juga:

Rektor Uniba, Samsul Rizal dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Chabullah Wibisono menyampaikan rasa bangganya atas terpilihnya Uniba sebagai penyelenggara resmi TOEFL ITP di Kepulauan Riau.

Ia mengatakan TOEFL adalah hal penting untuk bisa mengukur kemampuan bahasa Inggris para mahasiswa, dosen dan maupun masyarakat luas.

“Terpilih dan dipercayanya Universitas Batam oleh IIEF untuk menyelenggarakan tes TOEFL tentunya membuat kami sangat bangga dan dalam waktu dekat kerja sama ini dapat segera direalisasikan dengan sebaik-baiknya,” jelas Chabullah.

Sementara itu, Director of IIEF, Diana Kartika Jahja menjelaskan IIEF merupakan perwakilan resmi dari Educational Testing Service (ETS), institusi internasional yang mengembangkan ujian internasional seperti TOEFL, TOEIC, dan PRAXIS. ETS berpusat di Princton, Amerika Serikat.

“IIEF dipercaya oleh ETS untuk menjadi Country Master Distributor dari TOEFL ITP di Indonesia dan bertanggung jawab penuh untuk pendistribusian dan penyelenggaraan TOEFL ITP di Indonesia,” jelas Diana.

Diana menambahkan IIEF sangat mengapresiasi visi dan misi Uniba dalam menjadi universitas berstandar internasional.

Dengan kerja sama ini, Uniba akan menjadi universitas di Kepulauan Riau yang berwenang menyelenggarakan tes TOEFL ITP. Tes ini merupakan salah satu syarat utama untuk melanjutkan studi ke luar negeri dan mendapatkan pekerjaan di perusahaan multinasional.

Bagi mahasiswa, dosen, dan masyarakat yang ingin mengikuti tes TOEFL ITP, dapat langsung datang ke kampus Uniba di Batam Centre.

Informasi lebih lanjut mengenai jadwal dan prosedur pendaftaran tes TOEFL ITP dapat diperoleh di Uniba Language Centre (ULC) dengan menghubungi nomor 08116665311 pada hari kerja, Senin-Jumat, dari pukul 08.30-16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN