Uniba dan Polda Kepri Jalin Kerja Sama Program RPL

Uniba program RPL
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Uniba, Mohamad Gita Indrawan bersama jajaran Polda Kepri. Foto: Uniba

Batam (gokepri) – Universitas Batam (Uniba) dan Kepolisian Daerah Kepulauan Riau menandatangani nota kesepahaman tentang pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan sumber daya manusia, khususnya penerapan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Kerja sama ini disambut baik oleh Yayasan Uniba, yang melihat program RPL sebagai peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan pendidikan mereka. Nota kesepahaman ditandatangani oleh Rektor Uniba, sedangkan dari Polda Kepri oleh Kapolda Irjen Polisi Yan Fitri Halimansyah.

Baca Juga:

“Kebijakan ini akan memberikan dampak pada pengakuan satuan kredit semester, sehingga dapat mengefisiensikan masa studi yang sebelumnya telah dilalui,” ujar Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Uniba, Mohamad Gita Indrawan, Selasa (4/6/2024).

Mohamad Gita Indrawan menjelaskan RPL merupakan penyetaraan akademik atas pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi dari instansi pemerintahan maupun perusahaan untuk memperoleh kualifikasi dalam lanjutan pendidikan tinggi.

Singkatnya, RPL ini adalah jalur kuliah yang memungkinkan pengalaman kerja sebagai ganti dari pemenuhan SKS. Selain itu, jalur ini juga memberikan kesempatan yang lebih luas bagi anggota polisi yang bertugas di Polda Kepri untuk melanjutkan kuliah di Uniba tanpa harus keluar dari Kepri.

Pelaksanaan jalur RPL ini berlaku bagi masyarakat yang hendak menempuh pendidikan di program studi S1, S2, dan S3 yang tersedia di Uniba.

“Bagi kalangan masyarakat yang tamatan SMA, namun sudah bekerja di instansi pemerintahan dan perusahaan, berkesempatan melanjutkan ke perguruan tinggi untuk meraih gelar S1,” sebut Gita.

Demikian pula kalangan masyarakat yang memiliki tamatan S1 dan S2 bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya dengan waktu yang cukup singkat dan biaya terjangkau, lebih murah dibandingkan pendaftaran di jalur reguler umumnya.

Gita Indrawan menjelaskan saat mendaftar, calon mahasiswa akan melalui proses verifikasi melalui asesmen untuk mengetahui pencapaian pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi. Pencapaian tersebut kemudian akan diubah menjadi Satuan Kredit Semester (SKS) dalam bentuk mata kuliah.

Gita berharap penerapan program RPL di Uniba dapat memberikan akses pendidikan yang lebih inklusif dan beragam sehingga para calon mahasiswa dapat mengembangkan potensi mereka tanpa hambatan yang berarti, dan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN