Tips Tetap Sehat dan Semangat Berpuasa ala Dinkes Kepri

Kepala Dinkes Kepri Mohammad Bisri. Foto: ANTARA

Tanjungpinang (gokepri.com) – Setiap umat Islam wajib berpuasa di bulan Ramadan. Namun demikian dalam berpuasa tetap harus menjaga tubuh agar tetap sehat. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri bagikan tips bagi umat muslim agar tetap sehat dan semangat berpuasa Ramadan 1445 Hijriah.

Kepala Dinkes Kepri Mochammad Bisri mengatakan tips pertama, minum air putih yang cukup karena saat tubuh kekurangan cairan akan mudah merasa lelah, lemas, hingga mengantuk saat berpuasa di siang hari. Minum air putih bisa menggunakan pola 2-4-2.

“Yakni dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas setelah makan malam, dan dua gelas lagi saat sahur, sehingga tubuh tetap terhidrasi secara cukup,” ujarnya, Selasa 12 Maret 2024.

Baca Juga: Tips Tetap Nyaman Berpuasa Bagi Penderita GERD

Tips kedua, mengurangi aktivitas yang tidak diperlukan saat berpuasa guna menghindari dehidrasi sekaligus menjaga stamina tubuh tetap stabil dan bertahan hingga saat buka puasa tiba.

Tips ketiga, mengupayakan tetap memenuhi nutrisi harian dengan makan-makanan yang bergizi saat sahur, berbuka, dan makan malam, misalnya mengonsumsi buah-buahan, sayuran, daging sapi, hingga daging ayam.

“Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, seperti nasi atau kentang. Bisa juga daging ataupun kacang-kacangan,” ujarnya.

Tips keempat, dianjurkan umat mengonsumsi vitamin supaya tubuh tidak lemas dan kuat berpuasa. Tidur yang cukup juga penting agar stamina tetap stabil.

“Jaga asupan air yang cukup, nutrisi seimbang, mengonsumsi buah dan sayuran, serta olahraga secukupnya,” ujar Bisri.

Ia mengatakan sebaiknya saat berpuasa tidak menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan, misalnya tidur seharian. Tapi harus tetap melakukan pekerjaan rutin harian namun tidak terlalu dipaksakan supaya kuat berpuasa hingga sore hari.

“Perbanyak amal ibadah selama Ramadan seperti salat, sedekah dan membaca Al Quran, karena pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT,” kata Bisri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara