Tim Cook Bertemu Jokowi, Bawa Kabar Gembira Investasi Apple di Indonesia

tim cook bertemu jokowi
CEO Apple Tim Cook tiba di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/4/2024). Tim Cook tiba pukul 08.55 WIB untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan menaiki mobil Mercy pelat B-227-MPM. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta (gokepri) – CEO Apple, Tim Cook, berkunjung ke Indonesia pada Rabu (17/4/2024), dan dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kedatangan Tim Cook diiringi kabar gembira terkait rencana investasi Apple di Tanah Air.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkap bahwa Apple akan mengumumkan investasi di Indonesia pada hari ini. “Besok [Rabu, 17 April 2024] akan diumumkan [Apple] akan melakukan investasi. Bentuknya nanti,” kata Budi di Kementerian Kominfo, Selasa (16/4/2024).

Kunjungan Tim Cook ini menandakan komitmen Apple untuk memperkuat eksistensinya di Indonesia. Sebelumnya, Apple telah membuka tiga akademi pengembangan talenta digital Apple Developer Academy di Jakarta, Surabaya, dan Batam.

Baca Juga:

Kini, Apple mengumumkan akan membuka akademi keempatnya di Bali. CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa Apple ingin memperluas investasi untuk meningkatkan kesempatan bagi pengembang, pelajar, dan pengusaha yang ingin merintis karier di industri aplikasi iOS di Indonesia.

“Kami sangat antusias dengan komunitas pengembang yang berkembang di Indonesia, dan kami berharap dapat berinvestasi dalam kesuksesan lebih banyak pengkode dengan akademi keempat kami di negara ini,” ujar Tim Cook, dikutip dari laman resmi Apple, Rabu (17/4/2024).

Langkah Apple ini sejalan dengan ambisi Indonesia untuk menjadi pemain utama dalam industri digital global. Kehadiran Apple Developer Academy diharapkan dapat melahirkan talenta-talenta digital yang mumpuni dan mampu bersaing di kancah internasional.

Kunjungan Tim Cook ini menandakan keseriusan Apple untuk menjajaki peluang bisnis dan menjalin kerjasama dengan Indonesia. Di tengah persaingan ketat di pasar smartphone global, Apple tampaknya melihat Indonesia sebagai pasar potensial dengan basis pengguna yang cukup besar dan terus bertumbuh.

Data dan Fakta Seputar Pasar Smartphone dan Investasi Apple

Berdasarkan data Statista, pangsa pasar Apple iOS di dunia mencapai 29,2% pada kuartal IV/2023. Angka ini menunjukkan bahwa iOS masih menjadi platform populer, meskipun Android masih mendominasi pasar dengan pangsa pasar 70,1%.

Sementara itu, data StatCounter menunjukkan bahwa pangsa pasar pengguna iOS di dunia sebesar 28,46% pada Maret 2024. Angka ini sedikit lebih rendah dibandingkan dengan data Statista, namun tetap menunjukkan posisi iOS sebagai platform yang kuat di pasar global.

Di sisi lain, data International Data Corporation (IDC) menunjukkan bahwa pengiriman smartphone iPhone mengalami penurunan 9,6% pada periode Januari-Maret 2024. Penurunan ini menandakan tantangan yang dihadapi Apple dalam menjaga momentum pertumbuhannya.

Meski mengalami penurunan, Apple tetap menjadi salah satu pemain utama di pasar smartphone global. Kunjungan Tim Cook ke Indonesia diharapkan dapat menjadi momentum baru bagi Apple untuk memperkuat posisinya di pasar Indonesia dan meningkatkan peluang investasinya di Tanah Air. BISNIS INDONESIA

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News

BAGIKAN