Tilang Elektronik di Batam Mulai Berlaku Hari Ini

Tilang elektronik batam
Direktur Lalu Lintas Polda Kepri Kombes Pol Tri Yulianto. foto: gokepri/Engesti

Batam (gokepri.com) – Tilang elektronik atau ETLE di Batam mulai berlaku hari ini, Kamis 22 September 2022. Pelanggar lalu lintas akan tertangkap kamera pemantau dan belum dijatuhi sanksi selama masa uji coba.

“Mulai hari ini (Kamis, 22/9) penerapan ETLE di Batam mulai diberlakukan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Kepri Kombes Pol Tri Yulianto saat konferensi pers di Mapolda Kepri, Kamis 22 September 2022.

Pemberlakukan tilang elektronik di Batam bersamaan dengan HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara. Pemberlakuan ETLE baru diujicoba di Batam, wilayah hukum Polda Kepri. Selain di kota ini, Kakorlantas meluncurkan pemberlakuan ETLE di tujuh Polda lain.

Kombes Tri mengungkapkan untuk satu bulan kedepan pemberlakuan ETLE masih dalam masa uji coba. Pelanggar lalu lintas yang terekam ETLE nantinya akan mendapat pemberitahuan yang akan dikirimkan langsung ke alamat pengendara. “Setelah itu baru dilakukan penilangan,” katanya.

Tri mengimbau kepada masyarakat pengguna kendaraan bermotor agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan tertib dalam berlalu lintas. “Gunakan keselamatan berlalu lintas seperti menggunakan helm untuk pengendara roda dua, menggunakan safety belt. Tetap jaga keselamatan dan tertib berlalulintas Karen ada keluarga tersayang yang menunggu kita di rumah,” ujar.

Meski sudah berjalan, namun belum semua titik di jalan Kota Batam dipasang kamera pemantau ETLE. Berdasarkan informasi, lokasi kamera ETLE ada di Simpang Panbil, Simpang Masjid Raya Batam Center, dan Simpang KDA Batam Center.

Penulis: Engesti

BAGIKAN