THR Cair, Simak Tips Mengatur Keuangan untuk Lebaran

Tips mengatur keuangan
Rupiah diprediksi mengalami tren melemah akibat sentimen negatif virus corona.

BATAM (gokepri) – Sepuluh hari menjelang Lebaran, Tunjangan Hari Raya (THR) sudah mulai dibayarkan. Banyak orang tentu sudah merencanakan banyak hal untuk memanfaatkan dana tersebut untuk mudik maupun berlibur ke destinasi impian di masa periode liburan pada 19-25 April mendatang.

Agar keuangan tetap stabil, pakar-pakar keuangan ternama mengatakan bahwa perencanaan keuangan merupakan hal yang sangat penting.

Berikut ini, lima kiat cermat dan sederhana untuk mengatur keuangan, sebagaimana tertulis dalam siaran pers Tiket.com pada Senin.

Baca Juga: OJK Bagikan Tips Mengelola THR Agar Tak Numpang Lewat

Alokasikan untuk zakat dan sedekah

Umat Islam memiliki kewajiban menunaikan zakat fitrah dari setiap anggota keluarganya yang masih menjadi tanggungan. Alokasikan sekitar 10 persen dari dana THR untuk berzakat, sedekah, dan memberikan bantuan sosial kepada sesama.

Prioritaskan untuk kebutuhan

Prioritaskan penggunaan dana THR untuk kebutuhan Lebaran diantaranya THR untuk para pekerja di rumah, angpao untuk saudara dan keponakan, serta hidangan Lebaran termasuk dalam kategori kebutuhan Lebaran.

Jika Anda berencana menghabiskan libur Lebaran dengan mudik dengan keluarga, usahakan agar dana ini dialokasikan dari THR. Idealnya, penggunaan THR maksimal 50-70 persen untuk segala urusan Lebaran.

Jangan lupakan tabungan, investasi, dana darurat, dan Idul Adha

Sebaiknya, dana THR tetap disisihkan sebesar 10 persen untuk keperluan tak terduga. Sisihkan juga 10 persen untuk keperluan hewan kurban saat Idul Adha. Sisa dananya dapat Anda gunakan untuk berinvestasi.

Lunasi hutang konsumtif

Salah satu checklist penting dengan urgensi tinggi adalah pembayaran hutang konsumtif agar penabung dapat bebas dari beban hutang yang menyeret, sehingga bisa mulai mengalokasikan dana untuk keperluan-keperluan primer lainnya.

Bijak dalam memilih moda transportasi untuk mudik

Transportasi adalah salah satu pengeluaran yang mampu jadi faktor penentu jadi atau tidaknya rencana perjalanan atau mudik. Dalam merealisasikan budget mudik, masyarakat harus jeli memanfaatkan berbagai program promo diskon bernilai agar dana transportasi tidak membengkak.

Menjelang pekan liburan Lebaran, tiket.com menghadirkan program spesial tahunan Tiket Hari Raya (THR) sepanjang 22 hari, mulai dari tanggal 3 hingga 24 April 2023, dengan skema diskon 40 persen + ekstra diskon hingga Rp575.000 setiap hari, sepanjang bulan Ramadhan, sehingga dana mudik dapat ditanggulangi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News