STQ IX LINGGA: Bupati Nizar Minta Pelaksanaan Prokes Dipertajam

STQ IX Lingga
Bupati Lingga Muhammad Nizar dan Wakil Bupati Neko Wesha Pawelloy memimpin rapat virtual persiapan STQ IX Lingga, Selasa (9/3/2021). (Foto: istimewa)

Lingga (Gokepri.com) – Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) IX tingkat Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), tinggal menghitung hari. Persiapan mulai dari astaka utama hingga panggung tamu undangan telah mencapai tahap akhir.

STQ IX ini digelar di Halaman Kantor Bupati Lingga, Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga pada 11-17 Maret mendatang. Bupati Lingga, Muhammad Nizar pun berharap pelaksanaan event keagamaan ini bisa berjalan lancar, meski digelar di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Namun tentunya tetap dengan penerapan protokol kesehatan.

“Sebentar lagi kami akan menggelar STQ, saya harap kesiapan kegiatan ini bisa dipertajam dan dimaksimalkan dengan harus tetap menjaga protokol Covid-19,” kata Nizar didampingi Wakilnya Neko Wesha Pawelloy saat menggelar rapat koordinasi secara virtual bersama OPD Pemkab Lingga, Senin (8/3/2021).

Nizar menegaskan OPD terkait harus mampu menjadikan STQ IX tahun 2021 ini berjalan sukses, meski dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

“Jadi, meskipun dalam kondisi seperti ini, kegiatan keagamaan harus bisa berjalan,” ujar Nizar.

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) di Setretariat Daerah (Setda) Lingga Jaya Atmajaria mengatakan pelaksanaan STQ IX ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan-kegiatan seremonial ditiadakan akibat pandemi Corona.

“Karena dalam kondisi pandemi, maka acara seremonial dibatasi. Jadi, pawai taaruf, malam taaruf, stand bazar, penggembira, serta lomba rebana ditiadakan,” sebut Jaya.

Sebagaimana diketahui, cabang lomba yang bakal dipertandingkan pada STQ IX tahun 2021 ini yakni, cabang Musabaqah Karya Ilmiah Al Qur’an (KTIQ), Fahmil, Tartil, Hifzil 1, 5 dan 10 Juz, serta Qira’at Murottal.

Kemudian Tilawah Dewasa, Remaja, serta anak-anak, Khatil Qur’an, dan terakhir Syarhil Qur’an. Sedangkan untuk pertandingan rebana ditiadakan.(Tam)

|Baca Juga: Lingga Gagas Car Free Day di Dabo Singkep

BAGIKAN