Starlink Beroperasi di Indonesia, Ini Harga dan Jenis Paketnya

harga paket starlink
Petugas bersiap memasang perangkat Starlink Flat High Performance Kit di sejumlah titik di Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Foto: ANTARA

Jakarta (gokepri.com) – Jasa internet berbasis satelit, Starlink resmi beroperasi di Indonesia. Pemiliknya Elon Musk datang langsung ke Bali untuk meresmikannya hari ini, Minggu 19 Mei 2024.

Untuk dapat menikmati layanan Starlink, pelanggan harus memiliki perangkat VSAT atau stasiun penerima sinyal. Perangkat VSAT ini biayanya terpisah dari langganan internetnya.

Laman Starlink.com menginformasikan ada dua jenis VSAT yang ditawarkan. Pertama, VSAT yang digunakan oleh pelanggan yang menetap di suatu lokasi seperti pelanggan di area perumahan, VSAT ini ditawarkan seharga Rp7.800.000.

Baca Juga: Elon Musk Tiba di Bali, Resmikan Starlink Bersama Presiden Jokowi

Kedua,VSAT yang digunakan oleh pelanggan dengan mobilisasi tinggi seperti digunakan untuk kapal yang aktif beroperasi di perairan ditawarkan seharga Rp43.721.590.

Di situs tersebut juga dijelaskan jenis dan harga paket layanan Starlink. Untuk di Indonesia Starlink menawarkan paket personal hingga bisnis.

Untuk layanan personal ini bisa dipesan masyarakat umum, jenisnya ada tiga yaitu Residensial, Jelajah, dan Kapal.

Paket Residensial menjadi paket yang paling terjangkau, harganya Rp750.000 perbulan. Paket ini diklaim cocok untuk pelanggan yang tinggal menetap di perumahan dan membutuhkan internet berkecepatan tinggi tanpa batasan.

Untuk paket Jelajah ditawarkan mulai dari Rp990.000 perbulan, paket ini dirancang untuk pelanggan yang gemar melakukan perjalanan darat seperti berkeliling menggunakan campervan, hidup berpindah-pindah atau nomaden, maupun untuk pribadi yang kerap bertugas ke area pedalaman dan mereka membutuhkan internet kecepatan tinggi.

Paket Jelajah menyediakan pilihan paket mobile prioritas seharga Rp4.345.000 perbulan untuk akses data internet sebesar 50 GB yang dipasangkan dengan VSAT seharga Rp43.721.590.

Sedangkan paket Kapal, ditawarkan mulai dari Rp4.345.000 per bulan untuk akses data internet sebesar 50 GB, paket ini telah mencakup layanan global, penggunaan untuk berpergian dan berlayar, serta mendapatkan prioritas jaringan.

Tersedia juga paket seharga Rp17.160.000 per bulan untuk paket internet sebesar 1 TB dan paket seharga Rp86.130.000 per bulan.

Untuk memesan perangkat VSAT serta paket langganan internet dari Starlink, masyarakat bisa langsung melakukan pemesanan lewat situs web Starlink.com.

Setelah memilih paket yang diinginkan, pelanggan diarahkan ke halaman pendaftaran dan diwajibkan mengisi informasi kontak, alamat pengiriman, dan informasi penagihan. Penagihan saat ini terbatas untuk pembayaran menggunakan kartu kredit dan debit online.

Setelah pendaftaran dan pembayaran terkonfirmasi, perangkat akan dikirimkan. Estimasi pengiriman perangkat satu hingga 4 minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN