Semangat Berkurban di Desa Resang, Empat Hewan Kurban Dibagikan kepada Masyarakat

semangat berkurban
Pemotongan hewan kurban di Desa Resang, Kabupaten Lingga pada Hari Raya Idul Adha 1445 H, 17 Juni. Foto: gokepri/Jamariken Tambunan

LINGGA (gokepri) – Umat Muslim di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, melaksanakan berkurban merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H, Senin (17/6/2024).

Sebanyak empat hewan kurban disembelih pada hari raya tahun ini, terdiri dari tiga ekor sapi yang dihimpun dari tiga Kelompok Kurban dan satu ekor kambing sumbangan dari Yayasan Konservasi Pesisir Indonesia (Yakopi). Menurut Hanafi, Kepala Desa Resang, hewan kurban ini merupakan wujud partisipasi dan kepedulian masyarakat dalam merayakan Idul Adha.

Baca:

“Alhamdulillah, tahun ini partisipasi masyarakat cukup tinggi. Semoga semangat berbagi dan berkurban ini terus terjaga di tahun-tahun berikutnya,” ujar Hanafi.

Daging kurban tersebut kemudian dibagikan kepada 21 peserta kurban, 60 orang mustahiq, dan seluruh masyarakat Desa Resang. Muhammad Rafi, ketua panitia kurban, menjelaskan pembagian daging kurban dilakukan secara merata dan adil.

“Kami ingin semua warga Desa Resang dapat merasakan kebahagiaan di Hari Raya Idul Adha ini,” tutur Rafi.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban berlangsung di lapangan Volly dusun II Desa Resang setelah Shalat Idul Adha. Maizir, Ketua Masjid Tsamaratul Jannah Desa Resang, yang bertindak sebagai juru sembelih, menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan kurban tahun ini.

“Bersyukur sekali tahun ini kami bisa menyembelih tiga ekor sapi dan satu ekor kambing. Semoga tahun depan lebih banyak lagi yang berkurban,” ungkap Maizir.

Semangat berkurban di Desa Resang ini menjadi bukti nyata kegotonganroyongan dan kepedulian masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Adha. Tradisi ini diharapkan dapat terus dilestarikan sebagai wujud rasa syukur dan berbagi kepada sesama.

Penulis: Jamariken Tambunan

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News

BAGIKAN