Putusan Sengketa Pileg, PDIP Tetap Raih 6 Kursi DPRD Tanjungpinang

sidang putusan PHPU
Suasana sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (4/4/2024). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Tanjungpinang (gokepri) – Sengketa selisih suara pemilihan legislatif DPRD Tanjungpinang antara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Golkar di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai. MK menolak gugatan Partai Golkar dan mengesahkan perolehan kursi PDIP.

Kuasa Hukum PDIP, Urip Santoso, menyambut gembira putusan MK tersebut. Ia menegaskan putusan tersebut telah sesuai dengan fakta-fakta dan bukti surat serta saksi yang dihadirkan selama persidangan. “Kami memang pemenangnya,” ujar Urip, Sabtu 8 Juni.

Baca Juga:

Dalam permohonan, Golkar menduga ada penggelembungan suara. MK menilai gugatan Golkar tak beralasan menurut Hukum. “MK menjadi yakin bahwa apa yang dilakukan oleh penyelenggara yaitu KPU dan Bawaslu telah sesuai dengan mekanisme yang diatur oleh PKPU,” kata Urip, Sabtu 8 Juni.

Dengan putusan ini, jumlah kursi anggota DPRD Tanjungpinang yang didapat PDIP tetap dengan 6 kursinya. PDIP kini menunggu KPU untuk menetapkan anggota DPRD terpilih dan tak ada lagi sengketa pemilu di Kota Tanjungpinang.

MK menolak gugatan Partai Golkar soal selisih suara hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) di Dapil Tanjungpinang IV, Kepulauan Riau (Kepri) 2024. MK menilai gugatan Partai Golkar tak beralasan menurut hukum. “Terkait pokok permohonan, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” kata Hakim Suhartoyo.

Dengan putusan ini, maka PDIP peraih kursi Ketua DPRD Tanjungpinang dengan enam kursi dari 30 kursi. PDIP berhasil mempertahankan kursi ketua DPRD.

Adapun berdasarkan hasil rekapitulasi yang didapatkan dari KPU Tanjungpinang pada Maret 2024, berikut 30 caleg yang bakal meraih kursi di DPRD Kota Tanjungpinang:

Tanjungpinang Dapil I

1. Asman Alex-PDIP
2. Maiyanti-Gerindra
3. Ade Angga-Golkar
4. Reni-Hanura
5. Syarifah-NasDem
6. Muhammad Sabri-PAN
7. Diki Novalino-Demokrat
8. Yandri-PKB
9. Sri Artha Sihombing-PDIP

Tanjungpinang Dapil II

1. Hendra Jaya-NasDem
2. Dewa Bahagia-Golkar
3. Alliyus-Gerindra
4. Johan Siringgo ringgo-PDIP
5. Arie Sunandar-PKB
6. Irawati-PKS

Tanjungpinang Dapil III

1. Dhiya Shafa Abilla-PDIP
2. Novaliandri Fathir-Golkar
3. Rantha Fauzi Sembiring-NasDem
4. Yenny Marlin Saf-Gerindra
5. Frengki Simanjuntak-Hanura
6. Ismulyono-PAN
7. Bambang-Demokrat
8. Adhafi Anantama-PPP

Tanjungpinang Dapil IV

1. Agus Djurianto-PDIP
2. Dasril-Golkar
3. Indra Satria-PKB
4. Surya Admaja-Gerindra
5. Nasrul-PKS
6. Agus Candra Wijaya-NasDem
7. Setyo Agus Thomo-PDIP

Penulis: Engesti Fedro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN