Protokol Kesehatan Tingkatkan Kenyamanan Pendonor Darah

Ketua Umum DPD IKAL-Lemhannas Kepri, Syamsul Bahrum menjalani donor darah.
Ketua Umum DPD IKAL-Lemhannas Kepri, Syamsul Bahrum menjalani donor darah.

Batam (gokepri.com) – Pandemi menyurutkan animo masyarakat berdonor darah. Untuk menjaga ketersediaan stok darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam giat mendorong elemen masyarakat untuk menggelar aksi-aksi kemanusiaan di komunitasnya. Dalam dua bulan terakhir, berbagai kelompok masyarakat menjadikan donor darah sebagai program sosialnya.

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (IKAL-Lemhannas) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), misalnya, menjadikan donor darah sebagai salah satu program kerjanya menjelang akhir tahun 2021. Bakti untuk masyarakat itu digelar di SMK Muhammadiyah pada Selasa, 14 Desember 2021.

Pelajar berusia di atas 17 tahun, guru-guru SMK Muhammadiyah, para alumni yang tergabung dalam IKAL-Lemhannas Kepri, hingga masyarakat umum antusias mendonorkan darahnya. Di antara pendonor tersebut adalah Ketua Umum DPD IKAL-Lemhannas Kepri, Syamsul Bahrum. Di sela-sela kepadatan aktivitasnya, pria yang menjabat sebagai Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepri ini menyempatkan diri untuk memberikan darahnya secara sukarela melalui tim PMI Kota Batam.

Prosedur protokol kesehatan dan donor darah dijalani setiap pendonor sebelum memasuki ruang pengambilan darah di satu ruangan yang telah disiapkan pihak sekolah. Tersedia peralatan pengecekan suhu tubuh, hand sanitizer atau sarana mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, meja pendaftaran, serta meja pemeriksaan tim medis.

Syamsul tidak sendiri. Ia membawa serta sekitar 23 pamong praja yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kota Batam.

“Sebenarnya banyak sekali peminat penyumbang darah pada hari ini. Termasuk kami dari alumni IKPTK sebanyak 23 orang telah siap mendonorkan darah,” ujarnya.

Alumni Lemhannas lainnya, Suhardis juga mendonorkan darahnya. Ia mengaku nyaman menyumbangkan darahnya, karena penerapan protokol kesehatan selama pelaksanaan kegiatan.

“Kalau dulu, saat kasus pandemi masih tinggi, kita khawatir saat mau mendonorkan darah. Sekarang sudah tidak was-was lagi karena kasus sudah melandai dan diterapkannya protokol kesehatan,” katanya.

Tim PMI Kota Batam membenarkan penerapan protokol kesehatan dalam setiap pelaksanaan donor darah. Protokol kesehatan itu seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Penerapan protokol kesehatan itu tidak hanya diberlakukan bagi pendonor, namun juga tim medis. Bahkan, tim medis yang akan diturunkan untuk melayani donor darah harus melakukan rapid tes antigen terlebih dahulu. Semua itu dilakukan agar pendonor merasa nyaman dan tidak khawatir tertular Covid-19.

Mirza, petugas laboratorium PMI Batam mengungkapkan mulai terpenuhinya stok darah di Batam. Berbeda dengan beberapa bulan sebelumnya, saat kasus Covid-19 di Batam masih tinggi, stok darah menurun drastis.

Menurunnya stok darah tersebut dikarenakan berkurangnya animo masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Sebab terikat dengan aturan pembatasan dari pemerintah untuk mencegah kerumunan dan kekhawatiran calon pendonor tertular Covid-19. Akibat kekurangan tersebut, rumah sakit sering mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan akan transfusi darah.

“Sekarang stok darah sudah banyak, seiring mulai maraknya masyarakat yang melakukan donor darah secara sukarela. Kebutuhan di Batam rata-rata antara 1.500 sampai 1.800 kantong darah per bulan,” kata Mirza.

Syamsul menjelaskan, DPD IKAL-Lemhannas Kepri akan menjadikan donor darah sebagai program rutin setiap tahunnya. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjadi pendonor sukarela dan membantu ketersediaan darah di Kota Batam.

“Ke depan program ini (donor darah) akan kita buat lebih baik lagi dalam rangka membantu ketersediaan stok darah dan membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19,” katanya.

Dalam kegiatan donor darah di SMK Muhammadiyah Batam, DPD IKAL-Lemhannas Kepri juga memberikan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar kebangsaan.

Kegiatan tersebut berlangsung meriah dengan beragam hadiah kepada para peserta aktif untuk mendukung aktivitas belajar mereka. Di antara hadiahnya adalah paket internet unlimited XL dan AXIS serta beragam souvenir dari XL Axiata Area Batam-Kepri. Para siswa terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. (zak)

Baca juga: Melihat Protokol Kesehatan Wisata Malam di Batam

BAGIKAN